Breaking News

’Hubungan UUD 1945 dengan Pancasila’

BINTANGNEWS.com – Dasar negara kita adalah Pancasila, yang punya 5 poin utama untuk semua dasar hukum di Indonesia. Sebagai sebuah dasar negara, Pancasila sudah tentu menjadi asa untuk hukum tata negara Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari hubungan sila-sila Pancasila dengan pasal-pasal yang ada di konstitusi negara. yuk kita lihat hubungannya satu persatu. 

1.    Sila pertama - Sila ini punya hubungan dengan Pasal 29 UUD Negara RI Tahun 1945. Sila pertama ini memberikan jaminan atas kemerdekaan untuk semua rakyat Indonesia untuk memeluk sebuah agama dan melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dipeluk. Dengan adanya jaminan ini, pemerintah dan alat perlengkapan negara yang lain bisa mengatur tentang urusan beragama para penduduknya.

2.    Di bidang eksekutif, pemerintah akan membentuk Departemen Agama yang bertugas untuk mengatur semua masalah agama yang ada di Indonesia. Pemerintah juga sudah membuat UU No 1 Tahun 1974 tentang Pernikahan. Dalam bidang yudikatif, pemerintah juga membentuk pengadilan agama sebagai perwujudan dari sila yang pertama.

3.    Sila kedua - Sila ini punya hubungan dengan pasal 34. Pasal 34 menjadi dasar dari konstitusional untuk berdirinya sebuah lembaga seperti panti asuhan, panti wreda dan yang lainnya. Sama seperti urusan agama, pemerintah juga membentuk sebuah departemen khusus yaitu Departemen Sosial untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan sila ini.

4.    Sila ketiga - Sila ini berhubungan dengan adanya UU Kewarganegaraan, penggunaan hukum nasional dan membela tanah air.
5.    Sila keempat - Sila keempat berhubungan dengan Pasal 2 Ayat 2 UUD 1945.
6.    Sila kelima berhubungan dengan Pasal 33 UUD 1945.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang hubungan lima sila dengan UU kan?.(bin)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Merdeka.com