Dinilai Lamban Dalam Bursa Transfer, Wenger Didesak untuk Angkat Kaki

BINTANGNEWS.com – Badai besar sedang mengguncang karier Arsene Wenger di Arsenal. Pelatih berusia 66 tahun itu didesak angkat kaki alias mengundurkan diri karena sejumlah keputusan buruk khususnya di bursa transfer pemain.

Musim ini Wenger baru mendatangkan tiga pemain ke markas Meriam London. Mereka adalah Granit Xhaka, Rob Holding dan Takuma Asano. Namun dari ketiganya, tidak ada yang menyandang status pemain bintang. Meski demikian, Wenger sudah menghabiskan 43 juta pounds atau Rp 746 miliar untuk memboyong pemain yang diinginkannya. 

Di lain pihak, tim-tim pesaing seperti Chelsea, Liverpool, Manchester City dan Manchester United berani mengeluarkan uangnya dalam jumlah besar untuk mendatangkan pemain bintang. Di musim panas tahun ini, Chelsea merekrut N'golo Kante dan Michy Batshuayi. Sementara Liverpool memboyong Ragnar Klavan, Sadio Mane, Loris Karius dan Georginio Wijnaldum dengan harga yang cukup tinggi.

Duo Manchester melakukan hal yang lebih gila lagi. Keduanya mengeluarkan uang lebih dari Rp 1 triliun. Manchester City sukses mengamankan jasa Leroy Sane, John Stones, Nolito, Marlos Moreno, Ilkay Gundogan dan yang terbaru Claudio Bravo. Sedangkan Manchester United mendapatkan Eric Baily, Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan serta Paul Pogba.

Arsenal sebenarnya ingin mendatangkan pemain bintang seperti Jamie Vardy, Riyad Mahrez, Gonzalo Higuain dan Alexandre Lacazette. Namun tidak satupun yang bergabung dengan The Gunners. Sementara pemain-pemain yang tersisa di skuat Arsenal belum berada dalam kondisi prima usai memperkuat negaranya masing-masing di Piala Eropa 2016 lalu.

Alhasil Arsenal tampil buruk pada pekan pertama Liga Premier Inggris musim 2016/2017. Menjamu Liverpool di Emirates Stadium, Arsenal kalah dengan skor 3-4.

"Musim ini liga dimulai lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Sementara itu, Piala Eropa baru selesai pada 10 Juli dan kami (klub Liga Inggris) harus bermain pada 13 Agustus 2016. Jadi Apa yang bisa Anda lakukan dengan waktu semepet itu?," ucap Wenger yang dikutip dari BBC.

Hasil buruk kembali terjadi saat Arsenal melakoni laga tandang di markas Leicester City. Dalam pertandingan itu, anak didik Wenger dipaksa imbang 0-0. Dengan hasil tersebut, Arsenal untuk sementara berdiri di posisi 13 dengan kepemilikan satu poin.

Daily Mail mencatat sejak musim 2006/2007, Arsenal merupakan tim raksasa Liga Premier Inggris yang paling irit di bursa transfer pemain. Hingga kini mereka hanya mengeluarkan 384,6 juta pounds atau setara Rp 6,6 triliun untuk mendatangkan pemain baru. Sementara klub lainnya seperti Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Tottenham Hotspur berada di atas 500 juta pounds atau berkisar Rp 8,6 triliun. 

Dalam 10 tahun terakhir, rekrutan termahal Arsenal masih disandang oleh Mesut Ozil. Pemain kebangsaan Jerman tersebut diboyong dari Real Madrid dengan nilai transfer 43 juta pounds atau Rp 748 miliar. Sementara urutan kedua jatuh pada Alexis Sanchez. Dirinya didatangkan dari Barcelona dengan biaya 36,6 juta pounds atau Rp 635 miliar.

Melihat data tersebut, dapat dipastikan bahwa Wenger lebih seang belanja pemain murah ketimbang menghambur-hamburkan uang. Mungkin inilah kegemaran Wenger semenjak tiba di Arsenal, mendatangkan pemain muda, mendidiknya hingga bersinar lalu menjualnya dengan harga yang mahal."(bin)‎
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply