”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini”

BINTANGNEWS.com – Detik.com: Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk menangkap pelaku pembakar lahan. Termasuk bila ada korporasi yang ikut terlibat.

"Kalau ada yang bakar, ya tangkap dan proses saja," kata Tito saat mengunjungi lokasi kebakaran lahan di Rimbo Panjang, Kab Kampar, Riau, Senin (29/8/2016).
Tito menyebutkan kedatanganya ke Riau untuk mengecek langsung kondisi kebakaran lahan yang terjadi saat ini. Dari melihat kondisi tersebut, Tito menyadari bahwa medan yang terbakar sangat sulit untuk dilalui kendaraan terutama roda empat.
"Setelah saya lihat kondisinya, kita akan melakukan penambahan armada karena medannya yang sulit dijangkau," katanya.

Selain itu, peralatan perseorangan yang bisa digendong juga perlu dilakukan. Sehingga jika ada medan yang sulit dijangkau kendaraan, peralatan bisa dibawa masing-masing personel di lapangan.

Dalam penanganan Karhutla, kata Tito, masih ada problem di lapangan mana yang harus didukung pusat maupun lokal.

"Nanti mana yang harus mendapat dukungan pusat, akan kita sampaikan kepimpinan. Karena Presiden sudah menegaskan agar TNI/Polri, KLH dan semua pihak untuk menuntaskan masalah ini. Jadi dukungan soal peralatan di lapangan nanti akan kita diskusikan di pusat," kata Tito.
Terkait jika ada perusahaan membakar lahan, lanjut Tito, pihaknya juga akan memprosesnya.

"Saya sudah sampaikan ke Kapolda Riau, kalau ada korporasi harus ditindak tegas dan dituntaskan. Nantinya akan kita diskusikan mana yang harus ditangani pihak Mabes Polri mana yang ditangani Polda Riau," kata Tito.

Dia menyebutkan, besok pagi masih akan berkordinasi dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Danrem Brigjen Nurendi dan serta sejumlah Satgas lainnya. Ini untuk menambah masukan terkait penanganan Karhutla.

"Besok saya masih di sini. Kita koordinasi dengan Pak Gubernur dan Komandan Satgas Karhutla," tutupnya.***
Detik.com:  Isu kebangkitan PKI mencuat belakangan ini. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta masyarakat tidak terprovokasi dan tidak mudah terpancing adu domba.

"Kan sudah disampaikan, bisa jadi itu adu domba kan," kata Gatot di Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (16/5/2016).

Gatot menegaskan, kewaspadaan harus tetap ditingkatkan. Dia mengingatkan, jangan sampai peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada masa lalu justru memecah belah bangsa menjadi dua kelompok dan saling membunuh saat ini.

"Jadi  yang dilakukan kita semuanya adalah mari kita wujudkan persatuan. Itu sudah masa lalu, masa lalu sebagai peringatan, jangan sampai terjadi lagi di masa kini," ujarnya.

Namun begitu, lanjut Gatot, pemakaian dan penghinaan atribut PKI tetap ditindak karena melanggar Undang undang TAP MPR nomor 25 tahun 1966 dan UU nomor 27 tahun 1999.

"Enggak hanya TNI, siapapun juga, masyarakat apabila melihat pelanggaran dan dia diam, ada pasalnya. Masyarakat saja ada pasalnya, apalagi prajurit-prajurit saya, apalagi Polri," urainya.

"Tapi prosesnya adalah berpulang lagi pada Polri. Kita tangkap, kita serahkan ke Polri untuk diproses hukum lebih lanjut karena itu melanggar hukum," tutupnya.
 
Humas Polres Tapsel:
POLWAN POLRES TAPSEL MELAKSANAKAN PEMERIKSAAN DAN ANJANGSANA DALAM RANGKA MENYAMBUT HUT POLWAN KE - 68
Dalam penyambutan HUT Polisi Wanita (Polwan) yang ke-68, Kamis (25/08/16) seluruh personel Polwan Polres Tapsel mengikuti arahan dari Tim Pekan Disiplin Polda Sumut yang dipimpin oleh Ibu AKBP Juliana Situmorang yang diikuti Personel Polwan dari Polres Tapsel, Padangsidimpuan, Tapteng, Sibolga, dan Polres Madina sebanyak 81 orang.

Selain memberikan arahan, tim pekan disiplin 
juga melaksanakan pengecekan seragam dinas dan kelengkapan surat pribadi, dan sosialisasi dalam penggunaan seragam untuk Polwan. Sesuai dengan peraturan Kapolri tentang penggunaan jilbab dan potongan rambut polwan yang sesuai. 

Kemudian Sabtu (27/08/16) Ketua Bhayangkari Cab. Tapsel dan seluruh Personel Polwan Polres Tapsel melaksanakan Anjangsana dan memberikan sumbangan berupa selimut dan bahan sembako ke Panti Jompo Holbung Kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Acara yang dilakukan dalam penyambutan HUT Polwan berjalan dengan lancar dan diharapkan Polwan dapat semakin memantapkan diri dan mampu bersaing dalam karier di dunia Kepolisian.***

Humas Polda Papua:
Tribratanewspapua.com Pembukaan Kegiatan pelatihan Counter Messaging Course yang dilaksanakan oleh ICITAP Bertempat di Hotel Aryaduta Makassar pukul 09.45 wit  “, Senin (29/08/16) pagi.

Kombes Pol Rikwanto memawikili Kadiv Humas Polri membuka pelatihan ” Counter Messaging Course ” yang didampingi Komjen Pol (Purn) Ograseno ( Penasihat USDOJ ICITAP ), Irjen Pol Dr.Drs.Anthon Charlyan, MPKN ) dan 2 (dua) instruktur Mr. Joy dan Mr. Adam dari USA ICITAP.
Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 29-31 Agustus 2016, yang diikuti oleh 23 Peserta dari masing-masing Polda se-indonesia timur.
Sambutan Kombes Pol Rikwanto Saat Pembukaan berlangsung, berpesan Semoga setelah melaksanakan pelatihan Counter Messaging ini para peserta dari jajaran Polda Se-Indonesia timur bisa langsung mempraktekannya, serta menunjukan tugasnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat yang dikemas melalui pemberitaan kegiatan Polri.”
Selanjutnya dilakukan pemaparan dari Kapolda Sulsel tentang cara memberikan informasi dilingkungan Polri, serta pelatihan oleh team CMC ( Counter Messaging Course ) staf ICITAP Iwan Maskulin dan Mr. Joy, Mr. Adam serta ke 5 (lima) instruktur dari Polri. (Humas Polda Papua/AEW).***
Humas Polres Marauke:
tribratanewspapua.com Merauke – Akibat mesin ATM yang rusak, terjadi perampokan di kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Merauke namun dengan sigap 2 Pelakunya berhasil ditangkap oleh tim sus Polres Merauke, pada Senin (29/08/2016) sore.
Kejadian perampokan tersebut sebenarnya hanyalah kegiatan simulasi perampokan bank yang dilakukan berkat kerjasama pihak Bank BRI dan Polres Merauke.
Simulasi tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Polres Merauke Kompol Marthin Koagouw, SH. Pada saat simulasi perampokan yang dilakukan ini tidak diketahui oleh karyawan bank, nasabah, security dan teller sehingga semua yang ada pada saat perampokan menjadi kaget.
Kegiatan simulasi tersebut diadakan agar kedepannya anggota Polres Merauke yang melaksanakan pengamanan dapat mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah Kepolisiam bila mana ada tindak pidana perampokan di objek vital BRI.***
Humas Polres Tasikmalaya Kota2:
Telah terjadi peristiwa longsor roboh tembok penahan tembok di Kp.Sukapala Rt.03/06 Kel.Gunung Gede Kec.Kawalu Kota Tasikmalaya. Hujan yang mengguyur beberapa waktu hari kebelakang telah menyebabkan sebuah tembok rumah milik sdr.Ade, 40 tahun, ambruk dan menimpa tembok rumah tetangganya. Adalah sdr.Amir, 62 tahun, yang bagian dapur rumahnya yang tertimpa tembok rumah sdr.ADE.
Akibat dari peristiwa yang terjadi pada Minggu, 28 Agustus 2016 sekira jam 17.00 WIB itu, dinding dapur sdr. Amir mengalami rusak dan mengakibatkan kerugian material kurang lebih Rp.15.000.000,- Namun pada saat terjadinya peristiwa tersebut istri sdr.Amir yaitu ibu Cicih, 58 tahun sedang memasak di dapur. Akibatnya ibu Cicih mengalami luka memar di kaki dan badannya
Anggota Bhabinkamtbmas dan Babinsa Kel.Gunung Gede begitu mengetahui terjadinya peristiwa itu segera merapat ke lokasi bencana. Anggota Bhabinkamtibmas membantu membersihkan material longsor yang masih menutupi dapur rumah sdr.Amir bersama-sama warga.***
Humas Polres Biak:

Seperti diberitakan sebelumnya, massa membakar habis Mapolsek Sugapa kabupaten Intan Jaya, sabtu (28/08) dipicu penembakan yang dilakukan Brimob yang menewaskan salah seorang pelajar bernama Otianus Sondegau.

Nabire.Net berhasil mendapatkan foto saat Mapolsek Sugapa dibakar massa (28/08) dari seorang sahabat bernama Yoakim Mujizau. Selain itu juga foto korban Otianus Sondegau.

Hingga saat ini, Kepolisian Daerah Papua belum bisa menembus ke Sugapa, Ibukota Kabupaten Intan Jaya, pasca pembakaran Polsek Sugapa yang diduga dilakukan masyarakat setempat sabtu kemarin (28/08). Ini karena ketiadaan maskapai penerbangan yang melayani rute ke wilayah tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Paniai, AKBP Leo Nabu. Menurut AKBP Leo Nabire, pihaknya diperkirakan baru tiba di lokasi senin esok (29/08) bersama Wakapolda Papua, Brigjen Pol Rudolf Rodja dan Tim dari Polda.

Sehari sebelumnya, Polsek Sugapa diduga dibakar oleh masyarakat setempat, pasca dugaan penembakan terhadap Otianus Sondegau, pelajar 15 tahun. Jenasah Otianus sempat diarak ke Polsek Sugapa oleh lebih dari 200-an orang yang kebanyakan diikuti oleh kaum perempuan.

Penembakan yang diduga oleh oknum polisi dilakukan pasca adanya pemalakan yang dilakukan oleh 3 pemuda yang dipengaruhi oleh minuman keras di pertigaan Jalan Pasar Sugapa. Para pemuda itu, memalak sejumlah masyarakat dengan menggunakan parang. Kebetulan salah satu pengguna jalan yang dipalak adalah oknum Brimob yang lewat didaerah itu.

Informasi yang beredar menyebutkan oknum Brimob itu sempat memukul korban dan melakukan penembakan.

[Nabire.Net].***
Humas Polres Karawang:
Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra S.I.K pimpin pelaksanaan Apel pagi Senin 29 Agustus 2016. Giat tersebut diikuti Pejabat Utama Polres Karawang , Para Kapolsek jajaran serta anggota Polres Karawang.***
Polres Karawang bersama Polsek Ciampel laksanakan pencarian kepada korban tenggelam di Danau Cipule pada Senin siang 29 Agustus 2016.***
Polsek Jajaran laksanakan Patroli rutin pada Senin 29 Agustus 2016. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya tindak kriminal seperti c3 dilingkungan perbankan maupun tempat rawan kriminalitas.***
Polres Karawang bersama Polsek Ciampel laksanakan pencarian kepada korban tenggelam di Danau Cipule pada Senin siang 29 Agustus 2016.***
Cegah terjadinya kepadatan dipagi hari , Senin 29 Agustus 2016 Polsek Cikampek laksanakan pengaturan lalu lintas diitik titik kepadatan diwilayah Hukum Polsek Cikampek.***
Antisipasi kriminalitas dimalam hari sampai dengan pagi , Senin 29 Agustus 2016 Polsek jajaran laksanakan Patroli dan berikan himbauan kamtibmas kepada warga agar turut jaga kondusifitas diwilayah Hukum Polres Karawang.***
Polsek Majalaya melaksanakan ops miras di warung jamu bpk muslim dsn blendung desa Lemahmulya Kec. Majalaya Karawang.***
Humas Polres NTT:
Tribratanewsntt.com,- Polisi Wanita (Polwan) dan Polisi Laki-laki (Polki), meriahkan HUT RI Ke-71 dengan menampilkan peragaan bela diri Polri dan tarung drajat (boxer). Pamer skill anggota Polres Belu dilakukan usai  Peringatan Detik-detik Kehormatan dan pengibaran Bendera Merah Putih,  bertempat di lapangan umum Atambua,rabu (17/8/16).
Dalam peragaan ini, para Polwan muda Polres Belu memperagakan Teknik dasar Beladiri Polri diantaranya Jatuh ke kiri/kanan, Jatuh ke depan/belakang, Roll depan jatuh kiri/kanan, Pukulan dan tangkisan , Tendangan hingga teknik Dasar membawa tahanan .
Sementara Polki Polres Belu berkolaborasi  dengan anak-anak perguruan boxer melakukan tarung bebas. Anak-anak perguruan boxer ini hasil didikan dari anggota Polres Belu yang berasal  siswa/i SMP 1, SMAN 1 dan SMA Bina Karya.
Selain atraksi dari anak-anak boxer dan anggota Polres Belu, ribuan masyarakat yang datang memadati lapangan umum Atambua, disuguhkan dengan atraksi Young Modo dari Raider Yonif 744 Belu dan marching band dari siswa/i SMAN 2 Atambua .Upacara yang berlangsung dari pukul 10.00 wita hingga selesai berlangsung aman dan lancar di tengah penjagaan ketat aparat Polres Belu, Kodim 1605 Belu, Dishub Darat dan anggota Sat Pol PP Belu.***
Humas Polres Parepare:
Bhayangkari Cabang Polres Parepare melakukan kegiatan Anjangsana dalam rangka untuk menyambut Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-64 yg dihadiri oleh Ibu Ketua Bhayangkari cabang Parepare NY Mayang Pria Budi, Para Pengurus Bhayangkari, dan pemberian bantuan kepada warga yg kurang mampu Per. Kasmawati dan warga jalan A.Makkulau Lk. Wadawi.***
Humas Polres Maros:
Assalamualaikum
Salam Tribrata..
Bhabinkamtias Kelurahan Bontoa Bripka Herman melaksanakan problem solving kasus pencurian sendal antara pihak ibu SIA dengan Anto Berteman. setelah di mediasi oleh Bripka Herman, kedua belah pihak sepakat berdamai tanpa ada tekanan ataupun paksaan dan dibuatkan surat kesepakatan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak yang disaksikan keluarga ketiga anak tersebut.***

BINTANGNEWS.com:
”Salam Tribrata. Siap Komandan, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, hanya sebatas usul mengingat giat anda adalah Info penting bagi masyarakat luas. Kalau bisa mohon dinding akun anda dibuka, (tidak Privasi) dengan melalui topik berita ”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini” walaupun kami ambil hanya secara acak,

Insya Allah giat anda bisa dibaca oleh semua Humas Polres dan Humas Polda, karena kami telah berteman dengan semua akun Humas Polri di seluruh wilayah hukum Indonesia,” terimakasih atas kerjasamanya. (by. BINTANGNEWS.com).***
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Polri 

Related News

No comments:

Leave a Reply