Survei: Clinton Ungguli Trump 12 Basis Poin

BINTANGNEWS.com –  Kandidat presiden Partai Demokrat Hillary Clinton mengungguli lawannya dari Partai Republik Donald Trump sebanyak 12 basis poin yang merupakan gap terjauh bulan ini, menurut hasil jajak pendapat yang dilakukan Reuters/Ipsos, dirilis Selasa (23/8) waktu setempat.
Survei yang dilakukan pada 18-22 Agustus menunjukkan bahwa 45 persen pemilih mendukung Clinton, sementara 33 persen memilih Trump, sebelum pemilihan sesungguhnya digelar pada 8 November.
Mantan menteri luar negeri Clinton memang selalu unggul atas pengusaha asal New York Trump sepanjang 2016. Namun hasil survei terakhir ini menunjukkan tingkat dukungan yang lebih kuat dibandingkan serangkaian jajak pendapat dalam beberapa pekan sebelumnya. Di awal Agustus, keunggulan Clinton bervariasi antara 3 sampai 9 basis poin.
Jajak pendapat terakhir mengindikasikan 22 persen pemilih tidak menyukai kedua kandidat. Tingkat hilangnya dukungan ini cukup tinggi dibandingkan dengan survei serupa saat pemilihan presiden 2012 antara Barack Obama (Demokrat) dan Mitt Romney (Republik).
"Mereka yang masih ragu-ragu saat ini mungkin berpikir untuk mendukung kandidat dari pihak ketiga, bukan antara Clinton dan Trump," kata Tom Smith, direktur Center for the Study of Politics and Society, University of Chicago.
Selama jajak pendapat ini dilakukan, Clinton tengah menghadapi babak baru skandal email ketika menjabat menlu pada 2009 sampai 2013, sementara kepala kampanye Trump, Paul Manafort, mengundurkan diri setelah terjadi perombakan besar-besaran di timnya.
Survei Reuters/Ipsos dilakukan secara online dalam Bahasa Inggris di seluruh 50 negara bagian dengan melibatkan 1.115 responden.(reff)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Beritasatu

Related News

No comments:

Leave a Reply