Akhirnya Pemerintah dan DPR Sepakat Pertumbuhan Ekonomi 2017 5,1%

BINTANGNEWS.com – Pemerintah dan Komisi XI DPR RI akhirnya sepakat mengenai targetpertumbuhan ekonomi Indonesia dalam RAPBN 2017 sebesar 5,1%. Angka ini disepakati setelah mengalami serangkaian perdebatan dan perbedaan pandangan antara pemerintah, Bank Indonesia dengan Komisi XI DPR. 

Dalam rapat membahas asumsi makro RAPBN 2017 tersebut, Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Marcus Mekeng mengetuk palu untuk mengesahkan angka tersebut. 
"Jadi, untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia disepakati bersama di angka 5,1%" kata dia seraya mengetuk palu sidang di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Kamis dinihari (8/9/2016).

Sebelum pengambilan keputusan tersebut, seperti diberitakan sebelumnya, sempat terjadi perbedaan pandangan antara anggota Komisi XI dengan pemerintah. Dalam keputusan rapat internal asumsi pertumbuhan ekonomi adalah 5,05-5,2%. Sedangkan yang diajukan pemerintah yakni 5,3%. Namun dengan adanya perdebatan tersebut, akhirnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan asumsi yakni 5,1-5,2%

Dengan berbagai drama perdebatan, akhirnya rapat tersebut menyepakati untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam RAPBN 2017 sebesar 5,1%. 

Adapun sejumlah asumsi makro dalam RAPBN 2017 yang disepakati lainnya yakni:
- Pertumbuhan Ekonomi 5,1%
- Inflasi 4%
- Nilai tukar rupiah Rp 13.300/USD
- Suku bunga Surat Perbendaharaan Negara (SPN) 3 bulan adalah 5,3%
- Tingkat pengangguran 5,6%
- Kemiskinan 10,5%
- Gini Ratio 0,39
- Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 70,1
."(boy)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Antaranews

Related News

No comments:

Leave a Reply