Amien Rais Ingatkan Jokowi Tak Lagi Angkat Arcandra Jadi Menteri

BINTANGNEWS.com – Mantan Ketua MPR RI Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak kembali melantik Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Itu (kalau Arcandra dilantik lagi) akan menjadi blunder," kata Amien Raisa pada Peringatan Milad ke-107 Muhammadiyah di Stadion Cangkring, Wates, Kulon Progo, DIY, Sabtu (10/9/2016). 
Menurut Amien Rais, Amerika Serikat  dikenal sebagai penganut paham Ius Soli yang artinya orang asing yang lahir di Amerika Serikat akan diberikan paspor. Sedangkan Arcandra ini baru setelah berusia 39 tahun pindah kewarganegaraan. Padahal, untuk bisa menjadi warga negara Amerika harus diuji kesetiaan dan disumpah untuk setia menjadi warga Amerika.

"Saya tujuh tahun tinggal di sana, jadi saya tahu benar."

Dia menambahkan, Arcandra datang sendiri ke Negeri Paman Sam dan mengajukan kewarganegaraan. Lalu, belakangan baru pindah lagi menjadi WNI. Jangan-jangan, dengan dikasih WNI, justru nanti akan mengingat sumpah untuk melayani kepentingan Amerika.

"Jokowi harus membatalkan pelantikan ini," tegas pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Seperti diketahui, pada 15 Agustus lalu, Jokowi mencopot jabatan Arcandra dari jabatan Menteri ESDM. Padahal, Arcandra baru 20 hari menduduki jabatan tersebut.  Alasan pencopotan karena Arcandra memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat. 

Belakangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyatakan polemik kewarganegaraan Arcandra Tahar sudah selesai. Kemenkumham menyatakan Arcandra telah resmi menjadi warga negara Indonesia sejak 1 September 2016.

Isu pengangkatan kembali Arcandra sebagai menteri ESDM setelah status kewarganegaraannya dikembalikan pun bergulir.(Pri)
ikuti terus sumber informasi dunia di twitter @bintangnews.com

sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply