Bertemu, PM Jepang dan Presiden China Bahas Sengketa Pulau Senkaku

BINTANGNEWS.com –  Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan kedua pemimpin negara Asia Timur itu adalah yang pertama dalam lebih dari satu tahun guna membahas sengketa teritorial.

Pertemuan keduanya akan dilakukan di sela-sela KTT G20 yang di gelar di kota sebelah timur China, Hangzhou, seperti dikutip dari laman Reuters, Senin (5/9/2016).
Hubungan kedua negara menjadi tegang setelah bulan lalu lebih dari selusin kapal penjaga pantai China dan kapal pemerintah lainnya berlayar di sebuah dekat pulau di Laut China Timur. Pulau tersebut diperebutkan oleh Tokyo dan China. Pulau tak berpenghuni itu dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China.

Sebelumnya, China dan Jepang juga sudah terlibat cekcok terkait sengketa Laut China Selatan. Jepang mendesak China untuk mematuhi putusan pengadilan internasional yang membatalkan klaim teritorial Beijing atas wilayah itu. China pun membalas dengan meminta Jepang untuk tidak menggangu".(boy)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply