Cedera Serena dan Berubahnya Peta Kekuatan Tenis Putri Dunia

BINTANGNEWS.com – Tahun bisa dibilang jadi puncak kesialan Serena Williams. Bagaimana tidak, statusnya sebagai petenis tunggal putri nomor satu dunia lenyap di 2016 yang semuanya bermula ketika ia mengalami cedera tahun lalu.

Tahun ini, petenis Jerman Angelique Kerber sukses jadi ratu tenis dunia. Kemenangannya di AS Terbuka menggeser Serena dari posisi nomor satu dunia berdasarkan rangking WTA.
Prestasi yang membanggakan bagi Kerber di mana ia bisa mengikuti jejak Steffi Graf sebagai petenis Jerman yang bisa menguasai tenis dunia. Namun tidak dengan Serena, adik kandung Venus Williams mesti rela posisinya yang sudah bertahan selama 186 minggu lenyap.

Cikal bakal lengsernya Serena sebenarnya tampak sejak tahun lalu. Pada 2015, tepatnya di ajang Indian Wells, petenis berusia yang ketika itu masih berusia 34 tahun mengalami cedera lutut di semifinal ketika menghadapi Simona Halep.


Dok: CNN.com

"Saya bermimpi bisa melakukannya (setelah terakhir kali juara di Indian Wells pada 2001). Saya tidak akan mampu melakukannya tanpa penggemar. Meskipun berakhir lebih cepat karena cedera, saya harus mengatakan sudah tidak sabar untuk mencoba lagi tahun depan. Terimakasih semuanya," ucap Serena lewat jejaring sosialnya kala itu.

Cedera itu jadi awal petaka Serena. Meski bisa menang di gelaran Prancis Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka, Serena setidaknya mesti melewatkan enam turnamen akibat cedera, termasuk final WTA yang akhrnya dimenangkan Agnieszka Radwanska. "Tahun ini, atau setidaknya tahun lalu kami tahu Serena, dia tidak mendapatkan hasil yang diinginkan," ujar Carla Suarez Navarro seperti dilansir dari Tennis World USA, Senin (26/9/2016).

Dampak dari cedera itu berlanjut tahun ini. Dari delapan turnamen yang diikuti sejauh ini hingga September (termasuk Olimpiade Rio 2016), Serena cuma bisa menang dua kali di Italia Terbuka dan Wimbledon. Ia gagal pertahankan gelar di Australia Terbuka, Prancis Terbuka, dan AS Terbuka.

Rangkingnya anjlok. Serena pun disalip Kerber yang jadi pemenang di Australia Terbuka dan AS Terbuka."(jon)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Sindonews



Related News

No comments:

Leave a Reply