China Tolak Penerapan Sanksi Sepihak pada Korut

BINTANGNEWS.com –  Menteri Luar Negeri China, Wang Yi menegaskan, pihaknya menolak penerapan sanksi sepihak terhadap Korea Utara (Korut). Yi menyebut sanksi hanya bisa dijatuhkan oleh Dewan Keamanan (DK) PBB, melalui mekanisme yang sudah ditetapkan.

"Dengan semua pihak terfokus pada saluran otoritatif DK PBB, China menentang sanksi sepihak yang tidak membantu untuk menyelesaikan masalah ini," kata Yi, paska melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida.
"Harus ada respon yang memandai untuk situasi di Semenanjung Korea dan China siap untuk bekerja sama dalam masalah itu dengan anggota DK PBB," sambung Yi, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (15/9).

Awal pekan lalu, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga menuturkan, Perdana Menteri Shinzo Abe telah memerintahkan kepada jajarannya untuk mempersiapkan sanksi sepihak baru kepada Korut. Sanksi ini terkait dengan uji coba rudal kelima yang dilakukan Korut dua hari lalu.

Sebelum Jepang, Amerika Serikat (AS) sudah terlebih dahulu berencana untuk menjatuhkan sanksi sepihak kepada Korut. Langkah AS ini mendapat respon yang sangat dingin dari Pyongyang.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut mengatakan, pernyataan terkait sanksi adalah hal yang sudah basi, dan karena terus menerus diutarakan hal itu menjadi sesuatu hal yang lucu. Dia juga menuturkan bahwa Korut akan melanjutkan uji coba rudal, dan akan memperkuat kekuatan nuklir mereka."(boy)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply