Jangan Hanya OTT, KPK Dituntut Tuntaskan Century dan BLBI

BINTANGNEWS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi diminta tidak hanya fokus memberantas kasus korupsi dengan cara melakukan operasi tangkap tangan (OTT). 

Lembaga antikorupsi itu juga diminta untuk menuntaskan kasus-kasus dugaan korupsi besar seperti korupsi pemberian dana kepada Bank Century dan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). 

"Selama ini KPK masih senang kejar tayang dan seneng dieluk-elukan karena OTT maka BLBI dan Century enggak pernah disentuh," kata Sekretaris Jenderal Himpunan  Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Sya'roni, Minggu (18/9/2016).

Dia tidak setuju jika penyidikan kedua kasus itu dihentikan. Menurut dia, kebijakan seperti itu justru berdampak buruk bagi semangat pemberantasan korupsi di Indonesia.

Sya'roni berharap KPK fokus pada kasus-kasus besar. Sementara kasus "kecil" sebaiknya diserahkan kepada lembaga penegak hukum lain. 

"Limpahkan saja kepada Bareskrim atau Kejaksaan Agung, dan KPK bertindak sebagai supervisor saja," tuturnya.

Menurut dia, jika KPK menghentikan pengusutan kasus korupsi dana untuk Bank Century dan BLBI maka tidak memberi efek jera pelaku korupsi.(reff)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply