Kalah dari Australia, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal

BINTANGNEWS.com – Timnas Indonesia U-19 dipastikan gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2016 setelah ditekuk Timnas Australia di matchday ketiga Grup B. Sempat bermain imbang di babak pertama, skuat Eduard Tjong menyerah dengan skor akhir 1-3.

Bertanding di Stadion Yeovil Town F.C, Jumat (16/9/2016) yang disiarkan langsungRCTI, Indonesia dan Australia bertarung sengit sejak menit awal. Pergerakan cepat Young Socceroos, bisa dihalau dengan sigap para pemain Indonesia yang sebagian besar pemain lapis kedua.
Namun Australia unggul lebih dulu di menit ke-22. Jayden Ashnil Prasad melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang Indonesia. Kiper Muhammad Riyandi gagal menghalaunya dan membuat Australia memimpin 1-0. Gol tersebut mesti jadi catatan Eduard Tjong mengingat ada tiga bek Indonesia yang sebenarnya bisa menghalau.

Namun akhirnya di menit ke-36 Indonesia bisa mencetak gol penyeimbang lewat titik putih. Kapten Bagas Adi Nugroho yang jadi eksekutor, menjalankan tugasnya dengan baik untuk membuat skor berubah jadi 1-1.

Setelah gol tersebut, kedua tim bermain lebih imbang. Namun hingga wasit Chen Hsin-Chuan meniup peluit tanda istirahat, skor imbang tidak berubah.

Di babak kedua, Indonesia coba berinisiatif membuat tekanan. Strategi itu memaksa Australia membuat pelanggaran keras yang membuat wasit Chen Hsin-Chuan mencabut kartu kuning pertama dalam laga kali ini.

Indonesia setidaknya bisa mengubah permainan di awal babak kedua. Namun momentum tersebut hilang ketika kapten Bagas Adi ditarik keluar dan diganti Hanif Sjahbandi pada menit ke-57.

Serangan yang dilakukan Australia akhirnya kembali membuat gawang Indonesia kebobolan di menit ke-72. Lachlan John Scott mencetak gol ke gawang Riyandi setelah mendapat umpan terukur dari sisi sayap. Indonesia tertinggal 1-2.

Setelah gol tersebut, Australia masih menekan pertahanan Indonesia guna mencari gol tambahan. Satu menit jelang waktu normal berakhir, anak asuh Matthew David Sheppard akhirnya bisa memperbesar keunggulan jadi 3-1 setelah Mario Shabow mencetak gol ketiga setelah memanfaatkan umpan Jackson Bandiera. Skor bertahan hingga laga berakhir.

Dengan kekalahan ini, Indonesia dipastikan gagal melaju ke semifinal. Garuda Jayabelum menang sama sekali sehingga masih tertahan di dasar klasemen. Dengan menyisakan dua pertandingan lagi yakni melawan Laos dan Kamboja, Indonesia tidak akan bisa mengejar poin Australia dan Thailand yang saat ini bersaing ketat di posisi pertama dan kedua.

Thailand sendiri baru saja mengemas kemenangan ketiganya di Grup B setelah membekuk Kamboja. Thailand masih tertahan di posisi dua dengan poin sembilan, masih kalah selisih gol atas Australia.

Berikut Susunan Pemain
Indonesia U-19: Muhammad Riyandi, Bagas Adi Nugroho (c), Jujun Saepulloh, Habibi, Asnawi Mangkualam, Muhammad Alwi, Nevy Alexsander, Chrystna Bhagascara, Sandi Pratama, Moh. Edo Febriansah, Muhammad Rafli

Australia U-19: Jasmin Keranovic, Patrick Stacey, William Taze, Kye Francis, Connor Neil, Liam Joseph Rose, Liam William Youley, Tariq Maia, George Henry (c), Steve Kuzmanovski, Jayden Ashnil.(reff)

ikuti terus sumber informasi dunia di twitter @bintangnews.com
sumber: Sindonews


Related News

No comments:

Leave a Reply