”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini”

BINTANGNEWS.com – Tingkatkan Kepercayaan Publik, Kapolri Maksimalkan Peran Polwan Cantik.

Sindonews: Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menuturkan akan menggunakan polisi wanita (Polwan) untuk meningkatkan kepecayaan masyarakat pada Polri.

"Banyak yang bisa dilakukan Polwan karena banyak kelebihan," tutur Tito di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Menurut Tito, Polwan cantik tidak mudah tergiur dengan tindak pidana korupsi seperti polisi laki-laki (Polki). "Polwan relatif malu-malu kucing tapi mudahan enggak," tuturnya.
Selain itu pendekatan yang digunakan Polwan terhadap masyarakat dalam menegakkan hukum juga berdasarkan psikologis dan menggunakan empati. "Banyak kasus teroris lalu ketika didekati Polwan jadi lebih terbuka," tuturnya.

Tito menambahkan, adapun hal yang bisa dilakukan Polwan cantik dalam mengatasi masalah perempuan dan anak maka dari itu Polri membentuk unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) yang ada di Polda, Polres dan Polsek. 

"Dua polwan di tiap Polsek ditaruh untuk tangani kasus perempuan dan anak. Saya harap bisa jadi motor perbaiki citra Polri. Di mata publik citra polwan lebih baik daripada polisinya. Saya minta Polwan lebih diberdayakan dan diberi kesempatan supaya mereka lebih eksis di masyarakat," tambahnya.***

Kapolri Ingin Ada Kapolda dari Polwan Cantik

Sindonews: Di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Polwan, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengungkapkan keinginannya yaitu ada kepala polisi daerah (Kapolda) dari Polwan cantik.

"Waktu fit and proper test DPR menanyakan, inginnya di belakang ada kapolda dari Polwan. Karena sekarang enggak ada lagi kapolda dari Polwan. Kita harapkan mudah-mudahan enggak butuh waktu lama bisa ada," ujar Tito di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Selain mengisi posisi sebagai kapolda, Polwan cantik juga bisa lebih eksis dalam berkegiatan karena Polwan belum rentan budaya korupsi.

"Polres dianggap rawan korupsi, ditlantas, kriminal juga begitu. Jadi dengan hadirnya Polwan diharapkan bisa mengubah bukannya malah ikut-ikutan," kata Tito.

Bukan hanya itu, Tito juga berharap kelak ada Polwan cantik yang bisa menggantikan posisinya sebagai Kapolri. Pasalnya, selama ini posisi Kapolri belum pernah dijabat dari seorang Polwan.

"Untuk ke depan suatu saat berharap ada Polwan yang bisa jadi Kapolri nantinya, itu harapan saya," ucapnya.***

Dambakan Surga, Teroris justru Menangis jika Ditangkap Hidup-hidup

Sindonews: Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian hadir dalam rapat dengar pendapat dengan Panitia Khusus DPR tentang revisi Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. 

Dalam pertemuan tersebut, Tito menjelaskan berbagai hal yang berkaitan kasus terorisme, termasuk penangkapan anggota jaringan pelaku teror. 

Menurut dia, pelaku teror justru akan menangis apabila ditangkap aparat dalam kondisi hidup. "Penangkapan hidup, mereka menangis. Kalau bom dan senjata, ditangkap hidup-hidup nangis karena hilang kesempatan masuk surga," ujar Tito di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Menurut dia, pelaku teror merasa mendapatkan pahala besar jika berhasil membunuh aparat hukum. Tito memberikan contoh serangan teroris yang terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa bulan lalu. 

Saat itu, lanjut dia, pelaku membawa bom di dalam tas. Bom itu rencananya akan diledakkan dengan alat pengatur waktu, sama hal yang terjadi pada kasus serangan bom bunuh diri di Gereja Santo Yosef, Medan belum lama ini.

"Tapi dia ledakkan sendiri, dia mau bunuh diri," kata mantan Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror itu. 

Di hadapan anggota Pansus, Tito menjelaskan tentang data tewasnya 121 pelaku teror. Tito menjelaskan, tewasnya pelaku‎ teror bukan keinginan aparat penegak hukum. 

"Bukan kita mau, tapi risiko besar, bukan maunya kita, kayak kasus Thamrin tembak menembak. Kita maunya mereka menyerahkan diri," kata mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu.***


Humas Polres Lhokseumawe:
Tribratanews-polreslhokseumawe – Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman, SH, S.Ik, MH. menghimbau, agar masyarakat waspada dan tidak mudah percaya terhadap berbagai bentuk penipuan yang mencatut nama Kapolres Lhokseumawe dengan meminta uang atau barang. (Rabu 31 Agustus 2016)
AKBP Hendri Budiman, SH, S.Ik, MH kepada tribrata news polres lhokseumawe menyampaikan Berbagai aksi di lakukan oleh pelaku kriminal saat ini untuk mendapatkan uang, di antaranya penipuan mengatasnamakan Kapolres Lhokseumawe. Untuk mengantisipasi hal itu, dihimbau kepada masyarakat agar mewaspadai penipuan mengatasnamakan Kapolres Lhokseumawe.
Ditambahkan, diingatkan agar semua pihak jangan percaya terhadap seseorang yang mengatasnamakan Kapolres Lhokseumawe dengan modus penipuan meminta uang atau barang dengan mengatasanamakan Kapolres Lhokseumawe.
“Saya imbau kepada masyarakat untuk tidak percaya jika ada yang meminta uang atau barang  melalui Medsos, telepon atau SMS yang mengatasnamakan Kapolres Lhokseumawe, salah satu modus penipuan biyasanya menelepon atau SMS mengatasnamakan Kapolres meminta korban mentransfer sejumlah uang, modusnya seperti minta bantuan dana atau barang untuk berbagai kegiatan, Kapolres tidak pernah meminta sesuatu dalam bentuk apapun, baik uang atau barang.” tegas Kapolres AKBP Hendri Budiman, SH, S.Ik, MH.

Bagi masyarakat baik pengusaha dan pejabat pemerintah daerah, apabila mendapati modus seperti itu diharapkan segera melapor dan konfirmasi kepada pihak Kepolisan.***
Pelopor Wiratama:
Ungkap Rasa Syukur, Danyonif 113/JS Bagikan Sembako Kepada Masyarakat.
Komandan Batalyon Infanteri 113/Jaya Sakti Letnan Kolonel Inf. Muhammad Faizal Nasution S.I.P didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXV Yonif 113 menyerahkan sembako kepada masyarakat di Markas Batalyon Infanteri 113/Jaya Sakti, Kamis (1/9). Pemberian sembako kepada masyarakat dilaksanakan dalam rangka HUT Yonif 113/JS ke-70 di saksikan para tamu undangan kepala pemerintahan Kab. Bireuen.

Adapun masyarakat yang menerima sembako ini merupakan masyarakat yang menjadi desa Binaan Yonif 113/JS meliputi empat desa antara lain Desa Blang Keutumba, Desa Pante Baro, Desa Batee Raya dan Desa Peuraden. Danyonif 113/JS mengatakan pemberian sembako ini merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat sebagai pemantapan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam setiap tindakan dan profesionalitas Yonif 113/JS.

“Ini juga sebagai rasa syukur kepada Allah SWT yang memberikan keselamatan, petunjuk dan kekuatan kepada Yonif 113/JS dalam kepada bangsa dan negara Indonesia yang tercinta, “ungkap Danyonif 113/JS.***
 DANREM 011: TNI ADALAH MOTIVATOR PETANI
TNI adalah motivator, khususnya para Babinsa sebagai pendorong dan memberikan motivasi kepada para petani untuk meningkatkan pertanian. Hal itu dikatakan Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, SH saat melaksanakan kegiatan tanam padi perdana jenis Inbrida seluas 7 hektar di Desa Kayee Panyang, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (1/9/2016). "Jadi kenapa TNI harus turun kesawah, karena TNI sebagai motivator dan pendorong bagi para petani, bahkan para Babinsapun saat ini sudah punya kemampuan dan kealihan, sama halnya sebagai penyuluh. Jadi jangan tanyakan lagi kenapa TNI turun kesawah." jelasnya.***

Humas Polres Karawang:
Assalamualaikum Wr..Wb.. Pada hari Ini kamis, 01 September 2016, Kapolsek Kotabaru Ipda Asep Nugraha.SH beserta 25 Personil melaksanakan kegiatan jam pimpinan di lanjutkan pembinaan rohani dan mental di masjid Al-Fajar, acara di isi ceramah dan pengajian, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada allah swt.***

Apel pagi salah satu bentuk kesiapan melayani masyarakat.
Kami bkan yang terbaik,tapi kami akan berusaha.smoga berkah,amiinn.***

Anggota Polres Karawang bantu evakuasi korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di dawuan Cikampek pada Kamis siang 1 September 2016. Diketahui bahwa tabrakan terjadi antara truk dan sebuah sepeda motor.

Polres Karawang menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan behati hati , Patuhi tata tertib berlalu lintas dan jadilah Pelopor Keselamatan berlalu lintas.***
Antisipasi terjadinya bentrok antar perusahaan PT.Daiki dengan massa pengunjuk rasa, Kamis siang 1 September 2016 Polres Karawang laksanakan pengamanan dan mediasi guna menjaga situasi agar senantiasa kondusif.***

Humas Polres Bogor:
Polisi Wanita Kepolisian Resor Bogor melaksanakan kegiatan syukuran HUT POLISI WANITA yang ke-68 tahun 2016 di Aula Divia Cita Polres Bogor jalan Tegar Beriman Cibinong Kabupaten Bogor. Senin(29/8/2016).
Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky Pastika Gading S.Sos, SIK, MH., selaku Pembina Polwan Polres Bogor, AKBP (Purn) Tri Emi Purnomowati serta turut hadir tamu undangan Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi, dan SKPD Kabupaten Bogor, Perwakilan Kowad dan Perwakilan Wara Bogor.
Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky Pastika Gading S.Sos, SIK, MH. menegaskan kedepan Polwan harus bisa berkiprah lebih besar diberbagai ruang yang lebih luas dan bisa menduduki berbagai posisi Jabatan tinggi. Tentunya untuk mewujudkan kesetaraan gender di Kabupaten Bogor, dalam menciptakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perempuan untuk menghadapi persaingan global.
Bupati Bogor menerangkan, keberadaan Polwan selain  menjadi bagian yang integral dari fungsi kepolisian sebagai alat negara yang mengayomi dan melayani masyarakat, serta menjamin tegaknya stabilitas daerah yang kondusif juga menjadi simbol gender yang sedang dikembangkan pemerintah untuk menegaskan eksistensi kaum perempuan di segala bidang kehidupan.
“Untuk itu, Polwan dituntut mampu menjalankan peran ganda yang memberikan harapan bagi masyarakat, bahwa Polri mampu mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender sebagai bentuk penghormatan terhadap hak asasi manusia melalui pelaksanaan tugas polwan yang sama strategisnya dengan polisi pria,” ungkap Nurhayanti.
Pemotongan nasi tumpeng pertama dilakukan oleh ibu Asuh Polwan Polres Bogor dan diberikan kepada Bupati Bogor Hj. Nurhayanti.
Pemotongan tumpeng kedua dilakukan oleh Bupati Bogor yang diberikan kepada Kasat Narkoba Akp Yuni Purwanti Kusuma Dewi, S.H., karena prestasinya dalam mengungkap kasus-kasus narkoba dan potongan selanjutnya kepada Polwan termuda di Polres Bogor sebagai perwakilan generasi penerus yang harus bisa mencotoh senior-seniornya yang telah membawa nama baik Polwan dengan prestasi gemilang. Selanjutnya perwakilan Polwan melaksanakan tiup lilin dan pemotongan kue.***
 Humas Polres Biak:
tribratanewspapua.com Biak – Personil Polres Biak Numfor dan Subden IV Brimob melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin Semester I tahun 2016, Rabu (31/8/2016).

Bertempat di Poliklinik Polres Biak Numfor, seluruh personil Polres dan personil Bubden IV Brimob melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh team dari Did Dokkes Polda Papua dengan ketua tim IPTU Didik Subowo bersama 5 personil dari Bid Dokkes.
Tim dokter kesehatan Poliklinik Polres Biak Numfor juga ikut membantu kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh dokter Poliklinik Polres Biak Numfor dr. Izak Reba bersama 1 dokter umum, 1 dokter gigi dan 4 orang perawat.
Paur kes Polres Biak Numfor Iriana. S.Sos menuturkan pemeriksaan kesehatan untuk semester I tahun 2016 ini diikuti kurang lebih 400 personil Polres Biak Numfor dan Brimob.
“Ada beberapa item pemeriksaan yaitu pemeriksaan tensi, lingkar perut/dada/plt, cek darah lengkap dan urine, EKG jantung, gigi serta ronggent,” Ujar Paur Kes Polres Biak Numfor.(Rsl).***
Humas Polda Papua:
tribratanewspapua.com Jayapura – Tes Psikologi Bagi Anggota Pemegang Dan Non Pemegang Senpi Polres Jayapura dilaksanakan oleh Tim Psikologi Polda Papua di gedung Obhe Reay May, Rabu (31/08/2016).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas, S.Ik, Tim Psikologi Polda Papua,Pejabat jajaran Polres Jayapura serta Peserta test anggota pemegang dan non pemegang Senpi Polres Jayapura.
Kapolres Jayapura menyampaikan bahwa mental anggota Polri tidak boleh panik dan takut dalam pelaksanaan tugas, karena satu butir peluru keluar harus dipertanggung jawabkan. Dalam pelaksanaan tugas harus mampu menguasi atmosfir situasi dan pengendalian diri.
Kapolres juga mengingatkan terkait pengamanan senpi yang mana hal ini sangat penting bagi para pemegang senpi. Anggota tidak boleh menganggap enteng penempatan dan pengamanan senpi yang dipercayakan.
Hasil  test ini akan menentukan apakah anggota layak atau tidak dalam hal pinjam pakai untuk pelaksanaan tugas sehari hari.
“Bagi anggota yang dinilai tidak layak dan saat ini memegang senpi terpaksa akan kami tarik. Terkecuali ada pelaksanaan tugas yang sangat mendesak, akan diberikan pinjam pakai namun itu bukan untuk sehari hari. Serta bagi anggota yang tidak lulus dalam test ini akan diberikan ujian ulang dalam rentang waktu 1-3 bulan ke depan,” jelas Kapolres.
Pelaksanaan tes psikologi senpi bagi anggota pemegang senpi Polres Jayapura ini didukung oleh Tim Psikologi Polda Papua yang merupakan persyaratan mutlak bagi para anggota Polri untuk memegang senpi.
Dengan dilaksanakanya tes psikologi bagi pemegang senpi ini menjadi filter untuk menentukan layak dan tidaknya seorang anggota Polri dapat menggunakan senjata api dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.***
Humas Polres Rahil:
4 PUKULAN, PRIA PARUH BAYA INI DILAPORKAN KE POLISI
TRIBRATANEWS- Polsek Panipahan menerima laporan tindak pidana penganiayaan yang terjadi pukul 13.30 WIB Senin (30/08/2016). Berdasarkan laporan tersebut Polsek Panipahan menahan pria paruh baya berinisial KA (35) yang merupakan warga Pasir Limau Kapas.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolsek Panipahan Akp Kamsir “Kejadian bermula ketika Korban ALIK (30) pergi menuju Tangkahan (tempat bongkar muat) untuk membongkar buah kelapa sawit di Jl. Tangkahan Babak yang pada saat diperjalanan melihat Jetor (kendaraan pengangkut) milik KA (35) sedang terparkir dipinggir jalan, karena jetor milik pelaku sedang terparkir korbang mendahului dan langsung membongkar buah kelapa sawit” tutur Kamsir.

“Pada saat sedang melakukan pembongkaran datang pelaku untuk menghampiri korban dan menuduh korban telah mendahului antrian untuk pembongkaran dan langsung mengajak korban untuk berkelahi, namun korban menolak ajakan pelaku. Akibat kejadian tersebut pelaku menerima pukulan sebanyak 4 kali yaitu pada bagian telinga kanan sebanyak 2 kali dan pada bagian pipi sebanyak 2 kali” tutup Kapolsek.
***
 Humas Polda Sumut:
Diharapkan jangan melintas di depan Ramayana Plaza Aksara Jl. HM Yamin Medan siang ini karena akibat kebakaran gedung Ramayana Aksara, dilakukan pengalihan arus oleh personil Sat Lantas Polresta Medan untuk memberikan akses kepada Damkar memadamkan api dari gedung Plaza tersebut. Silahkan ambil jalur alternatif lain untuk memutar.***
PENDIDIKAN BERLALU LINTAS SEJAK USIA DINI “ MENEKAN ANGKA PELANGGARAN DAN LAKALANTAS”
Tribratanews.com – Satuan lalulintas polres way kanan menggelar kegiatan polisi sahabat anak (polsanak) kegiatan ini dipimpin Kapolres Way Kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.Ik, M.H berikut kasat lantas polres way kanan Akp I Made Sudastra , S.H bersama unit dikyasa satuan lantas polres way kanan, Bripka Ranto Haryono dan rekan polwan polres way kanan melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak TK Budi Luhur Kecamatan Blambangan Umpu di mapolres setempat, rabu (31-08-2016).

Adapun materi yang disampaikan kepada anak anak TK yaitu cara memakai helm yang benar dan memberikan pengenalan rambu rambu lalu lintas, etika berlalu lintas serta cara menyeberang yang benar dan memberikan pembelajaran bernyanyi.

Kapolres Way Kanan mengatakan, tujuan kegiatan tersebut agar anak-anak mendapatkan pendidikan berlalu lintas sejak usia dini. Sehingga nantinya, jika telah beranjak dewasa menaati peraturan lalu lintas dengan harapan tumbuhnya kesadaran masyarakat sehingga angka pelanggaran dan lakalantas terus bisa ditekan,” katanya.***

BINTANGNEWS.com:
”Salam Tribrata. Siap Komandan, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, hanya sebatas usul mengingat giat anda adalah Info penting bagi masyarakat luas. Kalau bisa mohon dinding akun anda dibuka, (tidak Privasi) dengan melalui topik berita ”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini” walaupun kami ambil hanya secara acak,

Insya Allah giat anda bisa dibaca oleh semua Humas Polres dan Humas Polda, karena kami telah berteman dengan semua akun Humas Polri di seluruh wilayah hukum Indonesia,” terimakasih atas kerjasamanya. (by. BINTANGNEWS.com).***
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Polri

Related News

No comments:

Leave a Reply