”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini”

BINTANGNEWS.com –  Info TNI Indonesia: Panglima TNI Diminta Buktikan Dugaan Mata-mata Abu Sayyaf di RI. Empat orang warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban sandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina telah dipulangkan ke Indonesia, Senin, 26 September 2016.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan, pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait gerakan kelompok bersenjata Abu Sayyaf yang terindikasi memiliki informan atau mata-mata di Indonesia. Pengamat intelijen dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi menyatakan, Panglima TNI harus membuktikan adanya pernyataan tersebut.
"Saya kira sinyalemen panglima itu insinuatif. Adakah fakta pendukungnya? Lalu apa perlunya dibuka ke publik?" kata Khairul saat dihubungi Sindonews, Senin (26/9/2016).

"Itu akhirnya hanya menimbulkan keresahan dan kesan seolah kita hanya mencari kambing hitam atas kegagalan memberi rasa aman di wilayah perairan kita," imbuhnya. Khairul menyatakan, karena pernyataan tersebut sudah  dibuka, Panglima TNI harus bisa membuktikan tudingannya dan tunjuk hidung. Karena lanjut dia, tentu saja jika dugaan itu benar, tidak boleh dibiarkan dan hanya mengeluh kiri kanan.

"Selain itu, di era yang terbuka seperti saat ini, mendapat informasi-informasi strategis dan sensitif tak selalu memerlukan spionase. Sumber-sumber terbuka, seperti media social misalnya, kerap menyajikan 'bocoran' yang akurat," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Gatot mencurigai adanya mata-mata dari Abu Sayyaf di Indonesia. Pasalnya, pada saat melakukan aksinya, kelompok bersenjata Abu Sayyaf terkesan sangat mudah saat melakukan penyanderaan terhadap WNI.***

Kapolri ke Propam: Tangkap Anggota yang Main Mata dengan Pelaku Narkoba!
Detik.com: Direktur Narkoba Polda Bali Kombes Ferry dicopot dari jabatannya untuk memudahkan Propam Polri memeriksa dugaan pemerasan. Tidak hanya soal kode etik dan profesi, sanksi pidana juga menanti Franky jika nantinya terbukti memeras.

"Tergantung kalau dia melanggar etik ya kode etik. Kalau dia ada pelanggaran hukum ya pelanggaran hukum," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2016).

Dalam beberapa gelar operasional terakhir dua pekan lalu, Tito mengaku telah menyampaikan kepada seluruh kapolda bahwa harus betul-betul menunjukkan perang dalam menghadapi narkoba. Tito ingin mesin penanganan narkoba di Polri semua bergerak mulai dari Mabes Polri hingga ke polda, polres dan polsek.

"Proses, tangkap peredaran narkoba ini, saya harap bergerak. Kalau ada yang melawan tindak tegas ini. Dan saya akan nilai bagi Direktorat Narkoba yang tidak perform atau tidak ada prestasi selama sampai bulan depan, 100 hari maka saya akan ganti," ujarnya.

"Tegas itu saya akan ganti. Sebaliknya yang berprestasi saya akan nilai bila perlu saya promosikan, kesempatan sekolah akan saya perhitungkan," sambungnya.


Menurut Tito, Kapolda juga diberikan wewenang untuk menilai kasat narkoba di polres-polres. Yang tidak ada prestasi akan diganti. Kemudian yang berprestasi akan dipromosikan jadi kapolres atau sekolah.

"Itu perintah saya. Sambil jalan, saya minta jajaran Propam awasi diam-diam. Yang kira-kira masih main-main perkara, main mata dengan pelaku narkoba, tangkap!" tegasnya.

Karena itu, Tito mengapresiasi Propam Polri soal Direktur Narkoba Polda Bali yang diamankan. Namun, Tito memerintahkan Propam tak berhenti sampai di situ, namun terus melakukan pengintaian.

"Saya minta untuk tidak berhenti, kalau ada pejabat narkoba lainnya ada yang macam-macam tangkap, proses," ujarnya.

"Sebaliknya, lihat bulan depan, kabareskrim saya minta menilai direktur narkoba, yang tidak ada prestasi pasti akan saya pinggirkan. Saya ganti dengan yang saya anggap bisa punya konsep menangani," urainya.***

Pid Papua:

tribratanewspapua.com Merauke – Kepolisian Resor Merauke Polda Papua melaksanakan syukuran memperingati Hut Sat Lantas ke-61 tahun di depan Pos Lantas Tugu Libra Merauke, Sabtu (24/09/2016).
Dalam kegiatan yang dihadiri juga oleh Bupati Merauke Fredy Gebze, Se, M.Si  itu, Kapolres Merauke Akbp Taufik Irpan Awalluddin, SH  menghimbau kepada  seluruh anggota  Sat Lantas Polres Merauke  agar lebih giat melayani, melindungi, mengayomi dan penegakkan hukum kepada seluruh warga masyarakat Merauke.
“Laksanakan tugas dengan baik, laksanakan razia, guna  menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Selamat Hut Satlantas ke 61 Tahun semoga  tetap jaya selalu,” ujar Kapolres.
Salah satu sesi dari rangkaian acara syukuran tersebut adalah pemotongan tumpeng. Yang mana potongan tumpeng tersebut diberikan kepada Anggota Sat Lantas Polres Merauke yang  tertua yaitu Aiptu Gerald Labetubun dan Anggota yang termuda Bripda Pratiwi Mbara.
Dalam kesempatan tersebut juga Kapolres Merauke menyerahkan Piagam penghargaan kepada Brigpol  Faisal dengan predikat Anggota Sat Lantas teladan, kemudian dilanjutkan dengan acara pembagian Doorprize, makan bersama serta foto bersama.
Kasat Lantas Polres Merauke Akp Leonardo Yoga, Sik mengatakan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Polres Merauke dalam rangka memeriahkan Hut Satlantas ke 61 Tahun Polres Merauke yaitu Safety Riding, Polisi Cilik Polres Merauke, Pengecetan Zebra Cross dan Bansos.***
Humas Polres Karawang:
Senin, 26 September 2016 Bhabinkamtibmas Polsek Tirtajaya melaksanakan kegiatan sambang ke Desa Gempolkarya serta memberi himbawan kepada LSM agar turut serta membantu menciptakan keamanan dan ketertiban diwilayah Kecamayan Tirtajaya diharaokan semua LSM lebih bersinergi lagi dengan polri dan instansi terkait lainnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Tirtajaya melaksanakan kegiatan silaturahmi ke kantor Desa Medankarya guna mempererat kerjasama antara aparatur desa dan Bhabinkamtibmas dalam menciptakan keamanan dan ketertiban diwilayah desa Medankarya serta menghimbau agar lebih meningkatkan lagi kegiatan siskamling.Senin,26 September 2016.***

MUSIM HUJAN, WASPADA POHON TUMBANG
Bripka Abdul Hoer, Brigadir Asep Saepuloh, dan Briptu Asep Ramdani anggota Polsek Panhkalan. Sabtu, (24/09/16), terlihat sedang membantu warga masyarakat mengangkat potongan pohon tumbang yang menghalangi jalan di Kp. Cirawa Desa Cintalanggeung Kec. Tegalwaru Kab. Karawang, kejadian pohon tumbang tersebut terjadi Sekitar jam 16.30 WIB.

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI, POLSEK PANGKALAN LAKUKAN SWEEPING ANAK SEKOLAH ANTISIPASI TAWURAN ANTAR PELAJAR
Mungkin itu kata - kata yang tepat untuk kegiatan yang dilakukan oleh anggota polsek pangkalan yaitu Bripka Abdul Hoer, Brigadir Asep Saepuloh dan Briptu Asep Ramdani yang sedang melaksanakan patroli, Sabtu, (24/09/16) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kegiatan tersebut adalah memberikan himbauan kepada anak sekolah SMK Iptek Sanggabuana Tegalwaru yang sedang berkumpul di Jalan raya Desa Cintaasih Kec. Pangkalan Kab. Karawang yaitu sepulang sekolah, himbauan tersebut antara lain untuk tidak melakukan tawuran antar pelajar dan ugal - ugalan / konvoi dengan menggunakan sepeda motor, tidak lupa anggota tersebut melakukan sweeping / pemeriksaan terhadap barang dan badan dikhawatirkan siswa - siswa tersebut membawa barang - barang terlarang seperti minuman keras, narkoba, maupun senjata tajam.***
Info TNI Indonesia:
Panglima TNI: Pulau Natuna Itu Milik Indonesia
Senin, 26 September 2016
PURWOKERTO - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa Pulau Natuna berada di wilayah Indonesia sehingga mutlak milik Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Wilayah NKRI, enggak bisa dinegosiasi lagi, sudah utuh, dan harga mati," katanya usai memberikan orasi ilmiah dalam Dies Natalis Ke-53 Universitas Jenderal Soedirma (Unsoed) Purwokerto di Graha Widyatama Unsoed Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Oleh karena itu, kata dia, TNI akan membangun pangkalan pesawat atau TNI Angkatan Udara, pangkalan kapal atau TNI Angkatan Laut, dan pangkalan TNI Angkatan Darat di Pulau Natuna.
Menurut dia, pembangunan Pangkalan Militer TNI di Pulau Natuna hingga saat ini masih dalam proses
. "Pangkalan sedang kita bangun di sana (Pulau Natuna,
red.)," tegasnya.

Ia mengharapkan pembangunan pangkalan tersebut akan selesai dalam dua hingga tiga tahun ke depan. Letak Pulau Natuna yang sangat strategis karena berada di dekat kawasan Laut China Selatan dan memiliki sumber daya alam yang luar biasa, menjadikan pulau itu
diperebutkan banyak negara seperti Vietnam, Filipina,

Brunei Darussalam, dan China.
Padahal, pulau-pulau terluar pada Gugusan Natuna yang dijadikan titik dasar terluar wilayah Indonesia, telah ditetapkan dalam Deklarasi Djuanda tahun 1957. Bahkan, sesuai dengan Konvensi Hukum Laut 1982, titik dasar tersebut telah didaftarkan oleh Pemerintah Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2009.
***

Info TNI Indonesia:
Truk TNI Diberondong Tembakan, Dua Anggota dan Satu Sipil Terluka Minggu, 25 September 2016. Mobil dinas jenis Dump Truck milik Kodim 1714 Puncak Jaya, ditembak oleh orang tidak dikenal (OTK), di daerah kali semen, Puncak senyum, distrik Irimuli, Sabtu
(24/9/2016), siang.


Dalam kejadian ini, tiga orang terluka, dua orang diantaranya anggota kodim 1714 puncak jaya. Tiga orang tersebut yakni Winingga Tabuni (25), Serda Suparman dan Serda Susanto.
Dari informasi di lapangan, peristiwa bermula saat mobil dump truck milik Kodim 1714 Puncak Jaya berangkat ke Puncak Senyun untuk mengambil kayu bakar dengan sembilan orang anggota TNI dan dua warga masyarakat.

"Dan sewaktu mereka kembali tiba-tiba mobil yang ditumpangi diberondong tembakan oleh oarang tak dikenal. Akibatnya dua anggota dan satu warga terluka hingga harus mendapat perawat intensif di rumah sakit," ujar sumber yang enggan disebutkan namanya. daerah.

Kapolda Sulsel Tinjau Kantor DPRD Gowa: Ini Memalukan Sesama Saudara Bermusuhan

Detik.com: Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Anton Charliyan meninjau kantor DPRD Gowa, di jalan Masjid Raya, Sungguminasa, Senin (26/9/2016), yang dibakar oleh pengunjuk rasa. 

Anton didampingi Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Frans Barung dan Dirkrimum Polda Sulsel Kombes Erwin Zadma memeriksa kerusakan yang terjadi di ruang sidang utama dan ruang pimpinan DPRD Gowa yang berada di lantai 2 gedung DPRD Gowa.

"Saya khawatirkan ada pihak tertentu yang mengambil kesempatan dalam konflik dua pihak terkait polemik LAD Gowa. Ini memalukan sesama saudara saling bermusuhan. Saya imbau kedua pihak saling menarik diri," ujar Anton.

Anggota Inafis Polres Gowa melakukan olah TKP di ruang kantor DPRD Gowa yang terbakar. Anggota Inafis Polres Gowa menemukan tabung bekas kembang api yang diduga dibawa oleh pengunjuk rasa di depan pintu utama kantor DPRD Gowa.

Sementara itu, 300 anggota Polres Gowa dan Polda Sulsel disiagakan di sejumlah obyek vital di kota Sungguminasa, Gowa. Dua unit mobil water canon disiagakan di perbatasan Makassar-Gowa.


Kejadian ini berkaitan dengan konflik kelompok. Pada Senin (12/9) lalu, prosesi adat pencucian benda pusaka juga ricuh. Diduga berkaitan dengan protes keluarga kerajaan terhadap Lembaga Adat Daerah. Keluarga kerajaan merasa haknya sebagai keturunan langsung Raja Gowa dicaplok oleh Lembaga Adat Daerah.

Lembaga Adat Daerah ini dipimpin Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo yang baru saja dikukuhkan sebagai "Somba Gowa", Kamis lalu (8/9).***

Pelopor Wiratama:
Dua Kapal Bakamla RI di Zona Maritim Barat Siap Layar Bersama Komandan Baru.
Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksamana Pertama TNI Freddy R. D. Egam, S.H. memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Kapal yang baru untuk Kapal Negara (KN) Bakamla RI di lingkungan Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Batam, beberapa waktu lalu. Dua Komandan Kapal tersebut masing-masing Mayor Laut (P) Widi Aditya sebagai Komandan KN Bintang Laut 4801 dan Mayor Laut (P) Pulung Nugroho, S.E. sebagai Komandan KN Belut Laut 4806.
Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada personel yang menjabat sebagai komandan kapal sebelumnya, Mayor Laut (P) Faruq Dedy Subiantoro dan Mayor Laut (P) Fajar Yuswantoro, yang telah memberikan kemampuan terbaiknya selama menjabat sebagai komandan. “Segenap keluarga besar Kantor Kamla Zona Maritim Barat mengucapkan terima kasih kepada komandan kapal yang telah mengakhiri masa jabatannya.***
BINTANGNEWS.com:
”Salam Tribrata. Siap Komandan, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, hanya sebatas usul mengingat giat anda adalah Info penting bagi masyarakat luas. Kalau bisa mohon dinding akun anda dibuka, (tidak Privasi) dengan melalui topik berita ”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini” walaupun kami ambil hanya secara acak.

Insya Allah giat anda bisa dibaca masyarakat luas dan, dibaca oleh semua Humas Polres dan Humas Polda, karena kami telah berteman dengan semua akun Humas Polri di seluruh wilayah hukum Indonesia,” terimakasih atas kerjasamanya. (by. BINTANGNEWS.com).***
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Polri 

Related News

No comments:

Leave a Reply