”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini”

Kampanye Hitam di Dunia Maya Diancam Penjara 6 Tahun dan Denda Rp1 Miliar.

BINTANGNEWS.com –  Tribratanews.com – Pada 2017 mendatang, sejumlah daerah akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak. Tahapan pendaftaran calon pemimpin daerah baru saja dilalui.

Aroma persaingan mulai mencuat. Terutama melalui media sosial. Meskipun masa kampanye terbuka dan debat publik baru akan dilakukan pada 26 Oktober 2016-11 Februari 2017.
Yang paling menyita perhatian adalah Pilkada DKI Jakarta. Tiga pasangan bersaing di sini. Masing-masing adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat yang didukung PDIP, Nasem, Golkar, dan Hanura; Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang didukung Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN; serta Anis Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno yang didukung Partai Gerindra dan PKS.
Kampanye hitam dengan menggunakan isu SARA meminta perhatian lebih. Hal ini ditakutkan akan merebak luas di dunia maya walau masa kampanye belum dimulai.
Sebagai antisipasi, Kepolisian Republik Indonesia telah menyiapkan langkah. Patroli dunia maya akan dilakukan untuk memetakan potensi-potensi adanya ujaran kebencian. Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) menjadi landasan.
“Polri, melalui tim cyber, akan melakukan ‘cyber patrol’ untuk melihat, mengamati kontain informasi yang mengandung ujaran kebencian dan melanggar hukum ITE UU Nomor 11 Tahun 2008,” jelas Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar melalui pesan singkat, Sabtu (24-09-2016).
Dalam undang-undang tersebut, pada Pasal 28 ayat (2), disebutkan bahwa salah satu perbuatan yang dilarang di dunia maya adalah setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).
Sementara pada Pasal 45 ayat (2) disebutkan ancaman hukumannya berupa pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
“Oleh karenanya, diimbau kepada netizen untuk tidak menggunakan dunia maya sebagai sarana untuk menghujat dan kampanye hitam,” pesan Irjen Pol Boy Rafli Amar.***
Info TNI Indonesia:
TNI Angkatan Darat: Panglima TNI Pengunduran Diri Mayor Agus Sudah Sesuai Aturan. Mabes TNI memastikan pengunduran diri Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono sudah sesuai dengan aturan dan Surat Pengunduran Diri sudah diterima Kepala Staf Angkatan Darat. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dihadapan awak media di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (23/9/2016).

“Secara prosedur Mayor Agus telah mengajukan Surat Pengunduran Diri secara berjenjang kepada Komandan Brigif, Pangdam Jaya, Kasad dan untuk surat sudah diterima Kasad dan sudah disetujui dengan tembusan Panglima TNI,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Menurut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, terkait Pilkada telah diatur secara jelas dalam Surat Telegram Panglima TNI Nomor : ST/983/2016 tanggal 9 Agustus 2016 tentang ketentuan dan tata acara Pemilu Pilkada bagi seluruh anggota TNI dan PNS TNI.

“Pengunduran Mayor Agus adalah hak keinginan pribadi, tidak bisa ditolak dan kita menghormati pilihan tersebut. Jadi Mayor Agus harus berhenti dan sudah mengajukan surat kepada Kasad,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan sewaktu menjadi Kasad, pernah mengumpulkan Perwira Terbaik Angkatan Darat Abituren tahun 1990 s.d. 2004 untuk menyusun program-program reformasi TNI, doktrin-doktrin, dan strategi pertempuran, dimana Mayor Agus menjadi salah satu Kader yang disiapkan untuk menjadi pemimpin TNI dimasa depan.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga menuturkan bahwa, Mayor Agus sejak SMA Taruna Nusantara di Magelang selalu nomor 1, nilainya sampai sekarang belum ada yang menyaingi. Kemudian ketika lulus di Akmil memperoleh predikat Adhi Makayasa, berdasarkan nilai terbaik dari aspek mental, fisik, dan intelektual. “Mari kita berpikir positif, memilih karier di politik boleh-boleh saja karena di beberapa negara maju, jarang militer aktif sampai pensiun,” ujarnya.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga mengatakan bahwa, Mayor Agus belum genap 20 tahun masa ikatan dinas, sehingga tidak mendapat hak pensiun mengingat Mayor Agus baru 16 tahun mengabdi di TNI pada saat ini. “Pengunduran diri Mayor Agus dari anggota TNI untuk mengikuti Pilkada, maka ia diberhentikan dengan hormat dari dinas keprajuritan TNI,” imbuhnya.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2017, Panglima TNI menerima perintah dari Presiden Jokowi untuk memastikan netralitas prajurit TNI. “Saya menghimbau kepada masyarakat, apabila ada yang mengetahui anggota TNI yang tidak netral, tolong sebutkan nama dan pangkatnya, sehingga bisa kami cari, diadakan penyelidikan dan proses hukum,” pungkas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.***
Humas Polres Jaksel:
Selasa, (27/9/2016)
"Genangan Air di Jalan M Saidi Raya, Pengendara Diimbau Berhati-hati"
Angota Bhabinkamtibmas Kelurahan Petukangan Selatan wilayah Polsek Pesanggrahan, Polres Metro Jaksel, Aiptu Sarno melaksanakan pengaturan lalu lintas terhadap kendaraan yang melintas di Jl.M. Saidi raya depan perumahan Nuansa kelurahan Petukangan Selatan Kecamatan Pesanggrahan Jaksel yang tergenang air akibat hujan pada Selasa (27/9/2016) siang.

Aiptu Sarno melaporkan genangan air tersebut dikarenakan oleh hujan deras sesaat yang mengguyur wilayah Pesanggrahan sekitar pukul 12.00 wib tadi.

"Untuk ketinggian air yang menggenangi jalan kurang lebih 30 Cm, meski demikian masih bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat" jelasnya.
Dirinya juga mengimbau kepada pengendara kendaraan bermotor untuk lebih berhati-hati saat melintasi lokasi terutama roda dua.***

Humas Polres Karawang:
Senin 26 September 2016 Anggota Sabhara Polres Karawang melaksanakan Pengamanan Unjuk Rasa dari Masa STTB (Serikat Tani Teluk Jambe Barat) diPemda Kab.Karawang dalam rangka ingin mengutarakan aspirasi nya dan tuntutannya kepada Bupati Karawang. Giat pengamanan ini dilaksanakan dengan tahap-tahapannya dengan mengedepankan Negosiator Polwan Polres Karawang dan Dalmas awal gabungan jajaran polsek selanjutnya dengan Dalmas Lanjut Polres Karawang.***
Giat pengamanan dayung cipule senin (26/09/16) terakhir dilaksanakan didanau dayung cipule, situasi tetap aman dan berjalan dengan lancer.***
(26/09/16) Bhabinkamtibmas ds kutanegara-ciampel melaksanakn giat sambang para tokoh. Kegiatan ini dilakukan agar mengetahui keluhan yang bersifat keamanan dari para tokoh masyarakat.***
Pemberian Arahan dari Kasat Sabhara Akp Sutedjo S.H. setelah melaksanakan Apel pagi sebelum melaksanakan tugas. Salah satu arahan nya yaitu Program dari bapak Kapolri "PROMOTER ( PROfesioanal, MOdern, dan TERpercaya).***
BERCOCOK TANAM UNTUK BEKAL TUA
.
Disela-sela kesibukannya sebagai anggota Polri Polsek Kotabaru Bripka Suherman Bhabinkamtibmas Desa Pangulah Utara Kabupaten Karawang ketika lepas piket dinas bukannya pulang ke rumah untuk istirahat tetapi melakukan bercocok tanam dan bertani untuk bekal nanti ketika pensiun.***
Anggota Patroli antisipasi kejahatan ditoko mas dengan melakukan patroli dialogis dan memberi himbauan-himbauan kamtibmas kepada pemilik toko Emas di sekitaran Jln.Tuparev. Aipda Kamilin dan Brigpol Hofidul Azis memberi himbauan agar antisipasi 3C dan rawan kejahatan dihari libur.***

MENDORONG GEROBAK KAKEK TUA
Senin (27/09/26), sekitar pukul 13.0 0 WIB Brigadir Asep Saepuloh Anggota Bhabinkamtibmas Desa Jatilaksana Polsek Pangkalan terlihat sedang membantu mendorong gerobak kakek tua yang sedang kesulitan membawa gerobak karena jalanan yang menanjak di jalan raya pangkalan - loji Kp. Munjul Desa Cintalaksana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang.


Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung salah satu program Commander Wish Kapolres Karawang yaitu adalah membangun citra kepolisian yang humanis, yang senantiasa membantu masyarakat ketika sedang mengalami kesulitan atau memerlukan bantuan dan kehadiran seorang polisi.***
 Humas Polres Soppeng:
Tribratanewssoppeng.com – Gerakan Pencanangan Tanam Serentak 1000 titik di Sulsel digelar melibatkan 534 desa & 182 Kecamatan di Kabupaten/kota, Selasa (27/9/2016).Komoditi yang ditanam yaitu Padi, Jagung, Kacang serta Umbi-umbian.
Total luas lahan yang dipakai menanam komoditi hortikultura 6,278,36 ha tersebar di 24 Kabupaten/kota se Sulawesi Selatan.
Untuk wilayah Kecamatan Donri donri, kegiatan tanam serentak ini dikawal langsung oleh Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan para stakholder perangkat Desa, yang mengambil lokasi di Desa Pising Kecamatan Donri Donri Soppeng.
Hasil dari pencanangan dapat dinikmati dalam 3 sampai 4 bulan kedepan ungkap salah seorang ketua kelompok tani. Para Kelompok Tani serta masyarakat sangat mengharapkan hasil nyata dari kegiatan ini.(*)
TIN-Polri Bahu-membahu Bersihkan Saluran Air di Kawasan Protokol Trenggalek
Program Selasa Bersih yang dicanangkan Kapolres Trenggalek tak hanya diterapkan di lingkungan internal Kepolisian saja.
Dipimpin langsung Wakapolres Trenggalek, Kompol Kuswara, SH, SIK, pelaksanaan Selasa Bersih kali ini menyasar saluran air yang berada di sepanjang jalur protokol Trenggalek.
Sekedar diketahui, bahwa saat hujan deras di kawasan sepanjang Jl. P. Sudirman sering digenangi air cukup tinggi sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas.
Tingginya genangan air tersebut salah satunya memang disebabkan karena terhambatnya penyerapan air oleh sampah.
Wakapolres Trenggalek pimpin langsung program Selasa Bersih bersama jajaran Kodim 0806 Trenggalek
 "Pelaksanaan Selasa Bersih di sepanjang jalur protokol ini atas inisiasi bapak Kapolres Trenggalek. Semoga tak ada lagi genangan air sehingga para pengguna jalan dapat melintasi kawasan tersebut dengan lancar," terang Kuswara.
Tak hanya anggota Polres Trenggalek saja, bakti masyarakat tersebut juga melibatkan personel dari Kodim 0806 Trenggalek
"TNI-Polri harus bersinergi dan mampu menjadi konsultan yang solutif di tengah-tengah kehidupan masyarakat," pesan Kuswara singkat.***
Humas Polres Kediri:
"Katakan harapmu kepada POLRI!"
POLRI yang profesional modern dan dipercaya masyarakat, berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik.
Kerja cerdas bersama masyarakat adalah pilihan untuk mewujudkan harapan bangsa.
Harapan dan kenyataan tentulah selalu berupaya diselaraskan, tanpa masyarakat tentu hal tersebut mustahil untuk dilakukan.

Demikianpun dengan POLRES KEDIRI selalu berupaya bersinergi bersama warga Kabupaten Kediri untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai harapan masyarakat.
Yuk! Dukung POLRES KEDIRI,
Berikan masukan, saran dan kritikan yang membangun demi kemajuan bangsa.
Keperdulian kita untuk POLRI lebih baik.
Wes ndang opo harapan panjenengan!.***

Humas Polda Metro Jaya Dot Info:
Polda Metro Jaya Tangkap SPG Pembajak Film 'Warkop Reborn'
poldametrojayadotinfo - Selasa, 27 September 2016

Jakarta – Penyidik Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap seorang perempuan berinisial PL (31 tahun), yang bekerja sebagai sales promotion girl. Perempuan ini ditangkap karena diduga merekam dan menyiarkan film 'Warkop DKI Reborn' secara live pada aplikasi Bigo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Fadil Imran, membenarkan adanya penangkapan terhadap PL. "Atas dugaan pembajakan film 'Warkop Reborn'," ujar Kombes Pol Fadil, Selasa, 27 September 2016.

Kombes Pol Fadil mengatakan, pihaknya mengamankan PL setelah mendapatkan laporan dari PT Falcon Pictures selaku rumah produksi film itu pada 10 September lalu.
"Pelaku ditangkap berdasarkan laporan polisi nomor : LP/4391/IX/2016/PMJ/Dit Reskrimsus tanggal 10 September 2016," kata Kombes Pol Fadil.

Dari PL, polisi pun menyita handphone yang diduga digunakan untuk merekam film. Saat ini, pihak kepolisian masih memeriksa yang bersangkutan untuk mengungkap motif PL.

"Saat ini masih kami periksa dan masih kami dalami motifnya apa, katanya hanya iseng-iseng saja," kata Kombes Pol Fadil.
Untuk modus operandi, Kombes Pol Fadil menuturkan, pelaku menonton film Warkop Reborn di XXI Mall Ambarukmo Plaza, kemudian dia merekam film dalam handphone dan mengunggahnya ke aplikasi Bigo miliknya.

Atas perbuatannya, PL dijerat Pasal 32 juncto pasal 48 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan atau Pasal 9 juncto Pasal 113 ayat (3) dan ayat (4) tentang Hak Cipta.***


Kapolres Prabumulih Peringatan Anggotanya Tidak Bermain-Main dengan Narkoba

Tribratanews-Prabumulih. Kasus narkoba menjadi atensi tersendiri bagi Polres Prabumulih di bawah kepemimpinan AKBP Andes Purwanti, S.E. Bahkan sejak pertama kali menginjakkan kakinya di Polres Prabumulih, perwira dengan dua melati itu telah menyatakan perang terhadap narkoba.

Sebelum genderang perang tersebut ditabuh, langkah awal yang dilakukan oleh Kapolres  adalah memberantas praktik penggunaan narkoba di institusi kepolisian yang ia pimpin. Ini dilakukan semata-mata untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri.
“Kita akan membersihkan di internal Polri dulu ya. Karena Polri ini menjadi contoh bagi masyarakat. Bagaimana mau memberantas narkoba di luar sana kalau diri mereka sendiri adalah pengguna narkoba,” ungkapnya.
Apabila, sambung Kapolres, dalam pemeriksaan nanti terdapat anggota positif narkoba, pihaknya tak akan segan-segan untuk memberikan sanksi tegas terhadap anggota tersebut sesuai aturan yang berlaku. Adapun sanksi yang diberikan berupa rehabilitasi hingga pemberhentian.
“Tentu akan kita beri sanksi sesuai aturan yang berlaku. Apabila ia sebagai pengguna akan kita rehab dan apabila ia kedapatan sebagai pengedar maka akan kita berhentikan,” ujarnya.
Menurut Kapolres, dampak penggunaan narkoba terhadap pemakainya sangatlah besar. Di antaranya, pengguna yang telah mengalami kecanduan akan melakukan apapun untuk mendapatkan barang tersebut. Seperti melakukan tindak kejahatan.
“Banyak kasus kejahatan yang berhasil diungkap, setelah ditanya ternyata hasil kejahatan tersebut untuk digunakan membeli narkoba. Selain itu, pengaruh narkoba juga dapat membuat pemakainya tidak dapat membedakan mana yang baik dan buruk,” terangnya.
Untuk memberantas peredaran narkoba di Kota Prabumulih, lanjut Kapolres, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota.

“Kita akan kerjasama dengan BNN,  agar bisa memberantas narkoba sampaike akar-akarnya,” tuturnya menambahkan.***
BINTANGNEWS.com:
”Salam Tribrata. Siap Komandan, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, hanya sebatas usul mengingat giat anda adalah Info penting bagi masyarakat luas. Kalau bisa mohon dinding akun anda dibuka, (tidak Privasi) dengan melalui topik berita ”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini” walaupun kami ambil hanya secara acak.

Insya Allah giat anda bisa dibaca masyarakat luas dan, dibaca oleh semua Humas Polres dan Humas Polda, karena kami telah berteman dengan semua akun Humas Polri di seluruh wilayah hukum Indonesia,” terimakasih atas kerjasamanya. (by. BINTANGNEWS.com).***
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Polri 

Related News

No comments:

Leave a Reply