Lintasi Zona Demiliterisasi, Tentara Korut Membelot ke Korsel

BINTANGNEWS.com – Militer Korea Selatan mengatakan seorang tentara Korea Utara (Korut) telah membelot ke negara itu. Peristiwa langka ini terjadi di tengah ketegangan yang melanda perbatasan paling ketat di dunia.

Tentara Korut itu melintasi garis demarkasi militer dan berjalan melalui zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea. "Tentara itu tidak bersenjata dan tidak ada baku tembak," kata seorang pejabat militer Korsel seperti dikutip dari NBC News, Jumat (30/9/2016).
Pernyataan yang dikeluarkan kantor Kepala Staf Gabungan Korsel mengatakan, tentara Korut tersebut melintasi bagian timur garis depan sekitar pukul 10.00 waktu setempat. "Saat ini ia tengah diperiksa bagaimana dan mengapa ia membelot," bunyi pernyataan itu.

Aksi pembelotan tentara Korut ini seolah mengulangi langkah sejumlah pejabat profil tinggi negara itu. Kejadian tersebut sempat memicu kemarahan Korut ditengah ketegangan internasional akibat uji coba nuklir dan rudal yang dilakukan Pyongyang.

Pembelotan yang paling menyita perhatian adalah yang dilakukan oleh Wakil Dubes Korut untuk Inggris, Thae Yong-ho. Yong-ho menjadi diplomat tertinggi yang membelot ke Selatan pada tiga bulan lalu. Ini adalah pukulan memalukan bagi pemerintah Korut yang dipimpin Kim Jong-un.

Secara terpisah, media juga melaporkan bahwa seorang remaja Korut yang mengambil bagian dalam kontes matematika di Hong Kong pada bulan Juli lalu dan kemudian mencari suaka di konsulat Korsel telah tiba di negara itu.(jon)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

sumber: Sindonews



Related News

No comments:

Leave a Reply