'Menuju Kemandirian Hidup yang Berkualitas'

BINTANGNEWS.com – Dalam rangka dies natalis yang ke-XXII, Fakultas Keperawatan Unpad akan menyelenggarakan kegiatan seminar dan workshop dengan  tema "Continuum of Care : Dari Ketergantungan Menuju Kemandirian Hidup Yang Berkualitas”. Seminar ini bertempat di Auditorium Teaching Hospital Universitas Padjadjaran Jl. Eyckman No. 38 Bandung, pada Rabu-Kamis (21-22/9). 

Menurut salah seorang panitia semina  Ristina Mirwanti, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang konsep dan praktik continuum of care, sharing pengalaman tentang penyelenggaraan program continuum of care, serta untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang trend management (terapi) penyakit kronis. Seminar akan diikuti oleh kurang lebih 250 orang, dari kalangan  praktisi kesehatan, akademisi kesehatan, mahasiswa kesehatan  serta  Individu dan kelompok pendukung/ pemerhati pasien dengan penyakit kronis di masyarakat.

"Dalam program SDGs, salah satu tujuan yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 adalah mengakhiri epidemi AIDS, tuberkulosis, malaria dan penyakit tropis yang terabaikan, serta memerangi hepatitis, penyakit bersumber air dan penyakit menular lainnya. Dimana semua penyakit tersebut menjadi sebuah burdenbagi negara," katanya dalam keterangannya yang dikirim keRepublika,Selasa (20/9)

Karena itu, strategi perawatan yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan dan melalui program berkelanjutan ataucontinuum of care adalah dengan memberikan perawatan dari sejak awal perawatan di rumah sakit sampai di rumah. Perawatan itu dilakukan oleh perawat komunitas dengan multidisiplin ilmu dan membutuhkan strategi perencanaan yang baik serta networking yang luas. Pasalnya, tujuan continuum of care adalah mencegah memburuknya penyakit-penyakit kronis, mengefisiensikan pembiayaan kesehatan terkait penyakit-penyakit tersebut.

"Melalui kegiatan ini  diharapkan  dapat memberi manfaat dalam pengembangan ilmu keperawatan khususnya dalam  menyebarluaskan konsep dan praktik dari continuum of care baik untuk tatanan klinik maupun komunitas," kata Ristina.”(boy)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com


Sumber: Rol

Related News

No comments:

Leave a Reply