Perguruan Tinggi Diminta Pelopori Penerapan e-Govt

BINTANGNEWS.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengajak seluruh akademisi untuk bersama-sama meningkatkan kualitas perguruan tinggi agar bisa berdaya saing di dunia internasional.

Pasalnya, menurut dia, saat ini persaingan dalam dunia pendidikan begitu ketat, pendidikan tinggi negeri maupun swasta sama-sama bersaing di dunia global.
"Kita memiliki potensi, kemampuan dan sumber daya, mainkan itu semua menangkan persaingan," ujar Asman dalam kuliah perdana program pascasarjana Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, Senin (19/09).

Dalam kuliah umum perdana tersebut, Menteri PANRB mengusung tema Membangun SDM Pendidikan yang kompetitif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa. Lanjutnya, Kementerian PANRB memiliki 2 program yang saat ini menjadi fokus, yakni sistem e-gov dan pelayanan publik.
Untuk meraih persaingan, kata dia, semua pendidikan tinggi harus menerapkan e-government agar lebih memudahkan mahasiswa. Lebih dari itu, Asman juga berpesan agar Unpad dapat menjadi motor pembaharuan dalam penerapan e-government, e-budgeting dan e-learning.

"Unpad harus menerapkan hal ini, supaya kalau lihat pengumuman atau nilai, bisa di rumah saja, tidak perlu lihat papan di kampus. Semua serba canggih dan itu akan lebih efisien," imbuhnya.
Gilang, salah satu mahasiswa pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Linguistik mengatakan, kehadiran Menteri PANRB dalam kuliah ini sangat memotivasi mahasiswa, sehingga perlu ada kunjungan seperti ini lagi.

"Saya jadi lebih tahu apa saja tugas kami untuk membangun Indonesia nantinya. Kita harus bersaing, harus memiliki daya tahan, dan mencontoh negara-negara maju khususnya dalam membangun negaranya," ujarnya penuh semangat.(boy)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Merdeka.com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply