Salahkan AS, China Akui Tak Bisa Kekang Nuklir Korut

BINTANGNEWS.com – China tak terima disudutkan sebagai pihak yang harus bertanggung jawab atas program senjata nuklir Korea Utara (Korut) yang semakin agresif dan menyalahkan balik Amerika Serikat (AS) sebagai penghasut krisis di Semenanjung Korea. China tegaskan tidak bisa mengekang program senjata nuklir Korut sendirian.
Reaksi China ini sebagai balasan atas komentar Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter, yang menyebut China sebagai penanggung jawab penting atas krisis nuklir rezim Pyongyang yang dipimpin Kim Jong-un.

juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, mengatakan kepada wartawan bahwa penilaian Carter “terlalu sepele”.  Dia menyalahkan AS dengan mengutip sebuah pepatah China; ”Siapa yang mulai membuat kesulitan harus mengakhirinya”.

”Saya kira AS harus melangkah selama proses berkembangnya isu nuklir dan sungguh-sungguh bekerja pada resolusi yang nyata dan efektif,” kata Hua.

Beijing tak terima disebut tidak berbuat banyak mengekang program nuklir Pyongyang. China mencontohkan, bahwa pihaknya sudah setuju untuk menjatuhkan sanksi di Dewan Keamanan PBB setelah uji coba senjata nuklir Korut sebelumnya. China bahkan sudah membatasi pengiriman bahan bakar jet dan impor mineral tertentu dari Korut.

Media China, Global Times, dalam editorialnya juga menyalahkan AS sebagai penyebab kekisruhan nuklir Korut. ”AS tidak pernah berpikir untuk memecahkan masalah nuklir Korut, karena akan terlalu rumit untuk itu,” bunyi editorial media itu, yang dikutip Selasa (13/9/2016).

”China tidak mampu membujuk Korut untuk mengekang pengembangan nuklir, karena upaya China tidak didukung oleh pihak lain. Washington telah menolak untuk menandatangani perjanjian damai dengan Pyongyang,” lanjut editorial media China tersebut.(reff)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply