Serangan Terhadap Pasukan Suriah Ancam Kesepakatan AS-Rusia

BINTANGNEWS.com – Serangan yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) terhadap pasukan Suriah bisa mengancam kesepakatan gencatan senjata di Suriah antara Rusia dan AS. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kementerian itu mengatakan, Moskow sangat berharap bahwa serangan itu bukanlah sesuatu yang disengaja. Moskow, kata kementerian itu, mendesak AS untuk melakukan apapun yang diperlukan untuk mengamankan kesepakatan gencatan senjata di Suriah.
"Tindakan pilot koalisi, berada di batas antara kelalaian kriminal dan kesepakatan dengan ISIS," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (19/9).

"Kami mendesak Washington untuk mengerahkan tekanan yang dibutuhkan pada kelompok-kelompok bersenjata ilegal di bawah perlindungan untuk melaksanakan rencana gencatan senjata tanpa syarat. Jika tidak, pelaksanaan seluruh paket dari perjanjian yang dicapai Rusia-AS di Jenewa pada 9 September, dapat berujung pada kegagalan," sambungnya.

Pernyataan serupa sempat diutarakan oleh Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin. Dalam sebuah pernyataan, Churkin mengatakan, serangan itu bukan hanya melanggar hukum internasional, tapi juga membahayakan kesepakatan gencatan senjata yang dicapai pekan lalu.(bin)
ikuti terus sumber informasi dunia di twitter @bintangnews.com

Sumber: Sindonews



Related News

No comments:

Leave a Reply