Sosialisasi Pilot Project Lahan Pangan dan Pertanian di Karawang Tahun 2016

KARAWANG, BINTANGNEWS.com –   Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu pemenuhan atas pangan menjadi hak asasi setiap rakyat Indonesia dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk melaksanakan pembangunan.

Sektor pertanian sebagai salah satu sektor penyumbang bahan pangan memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional. Peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan, tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian secara menyeluruh, baik menyangkut pendapatan petani itu sendiri, pendapatan daerah, maupun penyerapan tenaga kerja.
Untuk itulah, Bidang Ekonomi Setda Karawang mengadakan Sosialisasi Hasil Pilot Project Verifikasi Lahan Pangan Dan Pertanian Di Kabupaten Karawang Tahun 2016, bertempat di Hool Rama Shinta Hotel Resinda Karawang. Selasa, 6 September 2016.

Acara tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Perekonomian Pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ri, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Teddy Rusfendi mewakili Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana beserta Para Asisten dan Staf Ahli, dan Para Kepala OPD Di Lingkungan Pemkab Karawang,

Pada sambutan tertulis Bupati yang dibacakan oleh Sekda Karawang Teddy Rusfendi menyampaikan bahwa secara umum peran penting sektor pertanian di Kabupaten Karawang meliputi serapan tenaga kerja, sumber mata pencaharian sekitar 40 persen penduduk, swasembada pangan dalam upaya mensuplai komoditas strategis nasional, PDRB dan pendapatan asli daerah terutama dari PBB pedesaan.

“Beberapa hasil kajian menunjukkan ketersediaan pangan yang cukup secara nasional terbukti tidak menjamin perwujudan ketahanan pangan pada tingkat wilayah, rumah tangga dan individu. berkaitan dengan hal tersebut, penganekaragaman pangan menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan menuju kemandirian dan kedaulatan pangan.” Ujar Teddy.

Untuk itu, pelaksanaan kegiatan ini merupakan implementasi dari rencana strategis kementerian pertanian yaitu empat sukses pertanian; 1). pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, 2).  peningkatan diversifikasi pangan; 3). peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor; 4). peningkatan kesejahteraan petani, ke empat program tersebut merupakan salah satu bagian dari prioritas pembangunan nasional dengan tujuan untuk meningkatkan keanekaragaman pangan sesuai dengan karakteristik wilayah seklaigus meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan petani.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan umpan balik, baik bagi penyaji maupun bagi para peserta sosialisasi, baik di Provinsi maupun di daerah yang menangani keamanan pangan, sehingga kedepan diharapkan komitmen terhadap keamanan pangan di Jawa Barat menjadi lebih fokus, baik dari segi program dan kegiatan maupun dukungan anggarannya.” Tutup Teddy. (@MAYA)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com



Related News

No comments:

Leave a Reply