Utusan Pembicaraan Nuklir Korut Sambangi China

BINTANGNEWS.com –  Seorang diplomat senior Korea Utara (Korut) yang terlibat dalam pembicaraan internasional tentang program nuklir telah mengunjungi China. Begitu bunyi laporan kantor berita Korea Selatan, Yonhap. 

"Diplomat Korut, Choe Son-hui, tiba di Beijing pada Selasa kemarin," bunyi laporan Yonhap mengutip sumber anonim yang akrab dengan situasi di Korut. Namun Yonhap tidak mengungkap maksud kedatangan diplomat Korut tersebut. 
Saat ditanyai mengenai kabar ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan dia tidak punya informasi seperti dikutip dari Reuters, Rabu (7/9/2016).

Choe Son-hui adalah wakil direktur jenderal Kementerian Luar Negeri Korut biro urusan Amerika Serikat (AS). Ia adalah wakil kepala utusan ke perundingan untuk mengakhiri program nukli Korut yang dikenal sebagai pembicaraan enam pihak. Perundingan ini diselenggarakan oleh China dan termasuk duo Korea serta Jepang, Rusia dan Amerika Serikat (AS).

Choe juga sebelumnya mengunjungi China medio Juni lalu untuk ambil bagian dalam forum yang dihadiri oleh utusan pembicaraan nuklir dari AS dan Korsel tetapi tidak dilaporkan telah terlibat dalam diskusi tingkat pemerintah.

Dewan Keamanan (DK) PBB mengeluarkan kecaman terbaru kepada Korut setelah melakukan uji coba peluncuran 3 rudal balistik pada hari Senin. China, yang merupakan sekutu diplomatik utama Korut, turut bergabung dalam pernyataan kecaman itu.(diek)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply