Wanita Dunia Bersatu Lawan Israel, Menembus Blokade Gaza dari Barcelona

BINTANGNEWS.com – Aktivis, politisi, dan seniman kebudayaan wanita dari seluruh dunia berlayar dengan dua perahu dari Barcelona ke Gaza, pada Rabu (14/9) malam. Pelayaran mereka bertujuan untuk menerobos blokade Israel di Jalur Gaza yang telah terjadi hampir selama satu dekade.

Dua kapal bernama Amal (yang artinya harapan dalam bahasa Arab) dan Zaytona (yang artinya Zaitun),
hanya akan diawaki oleh wanita yang menamai diri Women's Boat To Gaza.
Mereka yang ikut berlayar adalah peraih Nobel Perdamaian Laureate Mairead MaGuire dari Irlandia Utara, Anggota Parlemen Eropa Malin Bjork dari Swedia, dan MP Partai Hijau Marama Davidson dari Selandia Baru.

Selain itu, ada pula Penulis Naskah Drama dan Film Naomi Wallace dari Amerika Serikat (AS), dan atlet profesional Cigdem Topcuoglu dari Turki. 10 wanita lainnya merupakan istri dari para aktivis yang tewas oleh pasukan Israel dalam pelayaran.

Jaldia Abubakra, seorang aktivis kelahiran Israel yang ikut menjadi kru pelayaran mengatakan, Women's Boat To Gaza ingin memberi perhatian kepada blokade yang dilakukan Israel. Mereka ingin mengungkapkan solidaritas dengan perempuan Palestina dan rakyat Gaza.
"Bagi kami, sebagai wanita, adalah penting untuk membuktikan bahwa kami mampu membawa kapal ke Jalur Gaza. Kami berdiri atas nama solidaritas bagi perempuan dan orang-orang di daerah tersebut," kata dia, dilansir dari RT.
Jalur Gaza, dengan total luas wilayah 365 km persegi, memiliki jumlah penduduk lebih dari 1,76 juta jiwa, termasuk 1,24 pengungsi Palestina. Sejak awal 1990-an, Israel memberlakukan pembatasan gerakan intensif di jalur pantai. Ini setelah Tel Aviv memberlakukan blokade darat, laut dan udara, karena Hamas menguasai wilayah itu pada 2007.

Isolasi Gaza diperburuk oleh pembatasan yang diberlakukan oleh otoritas Mesir di Rafah. Pada 2015, Women's Boat To Gaza juga berusaha mengirim bantuan ke wilayah itu.

Namun bantuan mereka diambil oleh Angkatan Laut Israel. Tak hanya bantuan, kapal Marianne yang dibawa para wanita pun diambil Israel dan dibawa ke Kota Ashdod.(jon)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com


sumber: Rol

Related News

No comments:

Leave a Reply