Anderson Cooper, Moderator LGBT Pertama

BINTANGNEWS.com – Dua jurnalis veteran AS, Anderson Cooper dan Martha Raddatz, menjadi ‘wasit’ dalam debat kedua calon presiden AS. Cooper adalah moderator LGBT pertama di AS sedang Raddatz dipuji ketika menjadi moderator debat cawapres AS 2012.

Anderson Cooper: Moderator LGBT pertama

 Anderson Cooper adalah salah satu jurnalis TV ternama di Amerika Serikat. Dia adalah pembawa berita utama di CNN dan memiliki acaranya sendiri: Anderson Cooper 360˚. Dia juga menjadi koresponden di acara 60 Minutes yang tayang diCBS News.
Lulus dari Universitas Yale jurusan Ilmu Politik, Cooper sempat menjadi pegawai magang di CIA, badan intelijen AS. Namun dia memutuskan untuk bekerja menjadi jurnalis TV alih-alih melanjutkan bekerja di badan tersebut.
Menurut Vox, Cooper memang tidak asing dengan panggung TV. Dia pernah diwawancarai di acara bincang Today Show pada 1970 ketika dia masih berusia tiga tahun bersama ibunya, perancang busana ternama Gloria Vanderbilt.

Sebagai figur publik, Anderson selalu menghindari pertanyaan seputar kehidupan personal. Hingga ketika pernikahan sesama jenis dilegalkan di New York pada Juli 2011, Anderson akhirnya mengaku ke publik bahwa dia seorang gay.
Ini membuat Anderson Cooper menjadi jurnalis gay pertama yang terbuka yang terkemuka di AS menurut harian The New York Times dan moderator debat capres AS gay pertama.

Martha Raddatz: Ahli kebijakan luar negeri

Martha Raddatz adalah Kepala Koresponden Urusan Global di ABC News. Dia membawakan acara This Week di stasiun televisi tersebut.

Raddatz adalah wartawan perang berpengalaman dan sangat paham tentang kebijakan luar negeri.
Menurut Cosmopolitan, dia meliput krisis Bosnia pada akhir 1990 dan kerap meliput konflik Irak dan Afghanistan. Dia telah mengunjungi kedua negara tersebut puluhan kali.
Baru-baru ini dia juga melaporkan serangan terhadap kelompok yang disebut dengan ISIS di Suriah.
Debat Capres AS bukanlah pekerjaan moderator pertama Martha. Pilpres empat tahun lalu, Raddatz menjadi moderator debat calon wakil presiden antara Joe Biden dan Paul Ryan.
CNN mengatakan pemenang debat tersebut adalah Raddatz, bukan Biden atau Ryan. Debat itu juga membuat Martha mendapatkan Walter Cronkite Award untuk jurnalisme politik."(boy)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Sumber: BBC

 

Related News

No comments:

Leave a Reply