Ini Tiga Cara Antisipasi Maraknya Pungli di Internal Polri

BINTANGNEWS.com – Maraknya pungutan liar (pungli) di Intenal kepolisian seolah sudah bukan lagi rahasia. Baik anggota maupun masyarakat, seolah sudah paham bahwa pungli dilarang namun memilih untuk menutup mata.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, ada tiga cara untuk mencegah praktik pungli semakin mendarah daging. Pertama dengan melakukan pembenahan pada aparatur Polri sendiri.
"Aparatur harus memiliki satu integritas, satu dedikasi dan ini harus ditumbuh kembangkan terus tidak bisa ujug-ujug dengan sekali berbicara terus kita dapatkan hasil yang baik, jadi harus terus menerus," ujar Martinus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (18/10).

Kedua, sistem pelayanan kepada masyarakat yang juga perlu untuk dipermudah dan lebih transparan. Misalnya pembuatan SIM yang transparan dan soal uji tertulis yang lebih dipermudah lagi agar banyak lolos dan mencegah praktek pungli di sana.

"Itu satu bentuk sistem yang mungkin masih perlu diperbaiki dengan teknologi. Nah kalau modern bukan hanya teknologi saja, tapi tentunya cara berpikir, bertindak dari aparaturnya jangan sampai sudah ada sistem itu dibuat yang tidak benar sehingga mendapatkan hasil yang baik," ujarnya.

Ketiga, masih kata Martinus, penting juga bagaimana masyarakat memiliki sebuah resistensi yang kuat untuk membantu membentuk polri menjadi lebih baik. Sehingga, tiga poin ini diharapkan, dapat dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar praktik-praktik pungli tidak banyak lagi dilakukan internalnya maupun masyarakat yang tergoda untuk melakukan suap.(win)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com
Sumber: Rol



Related News

No comments:

Leave a Reply