KPK Edukasi Antikorupsi kepada Anak Melalui Dongeng

BINTANGNEWS.com –  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, menceritakan sebuah dongeng kepada anak-anak, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pelajar Sekolah Dasar pada Indonesia International Book Fair (IIBF) di stand KPK, Jakarta Convention Center  (JCC) Senayan, Sabtu (1/10).
Adapun KPK menggelar Wisata Literasi dan Budaya dalam kegiata Indonesia International Book Fair 2016 di JCC, Jakarta. Dalam kesempatan ini, disuguhkan berbagai macam aktivitas edukatif dan menyenangkan bertemakan antikorupsi, seperti mendongeng, nonton film bareng, bermain games, dan sebagainya.

Selama mendongeng, Saut menggunakan dua boneka tangan untuk membantunya dalam bercerita. Kedua boneka tersebut yakni kodok dan gajah, Saut menggunakan tangannya untuk menggerakkan boneka, dan turut menjadi pengisi suara boneka.

Saut bercerita mengenai seorang nenek yang menanam jagung, yang kemudian tumbuh dengan subur dan memiliki hasil panen yang baik. Kemudian, datang seekor gajah yang menginginkan jagung yang telah ditanam.

Gajah tersebut pun diminta untuk terlebih dahulu memohon izin kepada yang telah menanam jagung. Setelah diperbolehkan makan jagung, si gajah mengajukan bantuan kepada nenek, agar apabila nanti ingin pergi ke pasar untuk menjual hasil panen, ia akan siap membantu si nenek.

"Kalau mau sesuatu, kita harus minta dengan jujur. Maka, nanti pasti dapat balasan," kata Saut berpesan kepada anak-anak di JCC Senayan, Sabtu (1/10).

Dalam stand KPK sendiri mampu menampung antara 30-50 anak. Pada sesi mendongeng para peserta berasal dari PAUD Al Fajri, SDN Pondok Bambu 04 Jakarta Timur, dan SDN 01 Jagakarsa.  Usai mendongeng, Saut memberikan sejumlah inspirasi kepada para pelajar di sesi berikutnya dari peserta yang berbeda pula.(roy)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Sumber: Rol



Related News

No comments:

Leave a Reply