”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini”

Kapolri Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Lima Kapolda

BINTANGNEWS.com – Sindonews: Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan pada lima Kapolda pagi ini di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Jakarta (12/10/2016).

Kelima Kapolda itu adalah Kapolda Sumatera Utara yang dulu dijabat oleh Irjen Pol Rycko Amelza Dahni diganti dengan Irjen Lutfi Lubihanto, Kapolda Lampung Brigjen Pol Sudjarno menggantikan Brigjen Pol Ike Edwin.
Kapolda Bengkulu Brigjen Yovianes Mahar menggantikan Brigjen Ghufron. Selain itu ada juga Kapolda Bangka Belitung yang tadinya dijabat oleh Brigjen Anton Wahono Sudarminto digantikan oleh Brigjen Yovianes Mahar.


Terakhir mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diangkat menjadi Kapolda Banten menggantikan Brigjen Ahmad Dofiri. Bukan hanya lima Kapolda rencananya ada dua yang mendapatkan serah terima jabatan.

Yaitu Kepala Badan Intelijen dan Kemanan (Kabaintelkam) Polri Lutfi Lubihanto yang dulunya dijabat oleh Komjen Pol Noer Ali dan  Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri Brigjen Pol Raja Erizman.

Erizman yang sebelumnya dijabat Irjen Setyo Warsito yang dimutasi menjadi Wakabaintelkam, namun Setyo tidak menghadiri serah terima jabatan lantaran masih tugas di Hawai.*** 

 Polri Tetapkan Tiga Tersangka Pelaku Pungli di Kemenhub
Sindonews: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Mabes Polri dan Polda Metro Jaya telah melakukan operasi pemberantasan pungli (OPP) di kementerian yang dipimpin Budi Karya Sumadi ini pada Selasa 11 Oktober 2016. Dalam operasi tersebut Polri berhasil mengamankan enam orang yang diduga melakukan praktek pungli.

Setelah dilakukan pemeriksaan, akhirnya Polri berhasil menetapkan tiga tersangka terkait OPP di Kemenhub yang merugikan hingga miliaran rupiah.

"Kan sudah diamankan dan diperiksa satu kali 24 jam itu ada enam orang. Tiga dari unsur petugas sudah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Ketiga tersangka itu adalah Kasi bidang Registrasi Kapal dan menerbitkan surat izin laut berinisial MS, Kasi Perizinan berinisial AR dan Ahli Ukur pengukuran berinisial ES.


"Mereka yang berasal dari petugas bidang perizinan di jajaran Kementerian Perhubungan. Baik mereka yang bertugas di Lantai 6 maupun Lantai 12," kata Boy.

Lanjut Boy, ketiganya akan segera dilakukan penahanan di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya untuk memudahkan penyelidikan. Sementara, untuk tiga orang lainnya masih berstatus saksi. Ketiganya berasal dari agen pelayanan yang tengah melakukan pengurusan dokumen-dokumen yang dibutuhkan jajaran Kemenhub.

"Kebetulan ini berkaitan dengan dokumen bidang kelautan. Yang berkaitan dengan kapal-kapal yang membutuhkan semacam dokumen perizinan yang diatur dalam jajaran Kemenhub," tambah Boy.***

KUNJUNGAN KERJA KAPOLDA SULTENG DI POLRES MOROWALI
TRIBRATANEWS RESMOROWALI. Rabu 12 Oktober 2016. Kapolda Sulawesi Tengah dan Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Tengah beserta rombongan tiba di tanah Mori Kab. Morowali Utara menggunakan helikopter yang mendarat di Lapangan Mako Subden IV Den B Pelopor Morowali dalam rangka kunjungan kerja di Polres Morowali.
Sebelum menuju Mako Polres Morowali Kapolda berserta rombongan memberikan arahan kepada personel Brimob. Setelah memberikan arahan Kapolda langsung menuju mako Polres Morowali. Kapolda beserta ibu disambut dengan pengalungan bunga serta tarian adat Mori, adat Kabupaten Morowali Utara. Tidak hanya itu Kapolda beserta rombongan juga disambut dengan atraksi baris berbaris dari “POCIMO”(Polisi Cilik Morowali).

Senyum tersimpul manis dibibir Perwira berbintang satu ini, terkadang tertawa, melihat aksi lucu dari anak-anak Morowali Utara ini. Setelah melihat suguhan aksi dari anak-anak tersebut Kapolda memberikan arahan kepada seluruh personil Polres Morowali di Aula Polres Morowali dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama Forkopimda Kab. Morowali Utara yang dihadiri oleh Bupati Morowali Utara, Dandim 1311 Morowali dan anggota DPRD Kab. Morowali Utara dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.
Setelah acara tersebut Kapolda beserta rombongan langsung menuju Kantor PT. Bintang Delapan Mineral (BDM) di Kec. Bahodopi Kab. Morowali untuk melanjutkan kunjungan kerja disana dan sekaligus melaksanakan acara ramah tamah bersama Forkopimda Kab. Morowali.***
Pelopor Wiratama:
Persiden RI : “Perlunya Modernisasi Fisik dan Non Fisik TNI Guna Menghadapi Persaingan Global”
Amanatnya Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dalam menyambut HUT Ke 71 TNI yang dibacakan pada upacara kebesaran 05 Oktober 2016 dan pada Upacara Bendera Hari Senin 10/10/2016 diseluruh Kesatuan TNI termasuk Kodim 0824 Jember, memotivasi Prajurit TNI dalam menjalankan tugas pokoknya menjaga keselamatan bangsa, keutuhan serta tetap tegaknya kedaulatan NKRI.

Dihadiri oleh seluruh 350 orang Prajurit TNI dari Koramil Jajaran Kodim 0824, Dinas Jajaran TNI Di Jember dengan Inspektur Upacara Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P yang pada kesempatan tersebut membacakan amanat Presiden RI Ir Joko Widodo.


Usai membacakan sambutan tertulis tersebut Muhammad Nas menekankan kepada prajuritnya agar meresapi apa yang telah disampaikan oleh Presiden RI, sambutan tersebut tidak terlalu panjang namun memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita. Untuk itu dirinya menegaskan dalam mengimplementasikan itu semua tentunya tidak ada kata lain, mari kita tingkatkan kinerja kita sesuai bidang jabatan masing-masing semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara.

Junjung tinggi kehormatan Bangsa dan Negara serta kehormatan TNI dengan menghindarkan diri dari berbagai bentuk pelanggaran, sekecil apapun pelanggaran dan melakukan semua tugas kita dengan baik, jujur, tulus dan ikhlas.***

Humas Polres Karawang:
Bripda Mega biasa kami menyapanya pada hari Rabu tanggal 12/10/2016 di depan PT. Indotech Metal Nusantara di kawasan KIIC Kec. Telukjambe Barat Kab. Karawang telah membantu korban luka yang diakibatkan oleh pelemparan batu oleh pelaku aksi unjuk rasa dari 6 enam aliansi LSM yang ada di Kab. Karawang.

Naluri menolong antar sesama langsung otomatis dilalukannya pada saat melihat Satpan PT. Indotech Metal Nusantara yang terluka, dirinya beruha mencari peralatan P3K seadanya dan langsung membantu menobati luka yang dialami oleh satpan dan menutup luka tersebut menggunakan perban. Kejadian ini terjadi pada saat dirinya sedang melaksanakan tugas Kepolisian yaitu sebagai Negosiator dalam aksi unjuk rasa.***

Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra S.I.K Pimpin pelaksanaan Video Conference Kapolri di Aula Mapolres Karawang pada Rabu 12 Oktober 2016. Giat tersebut juga dihadiri Wakapolres , Kabag, Kasat serta Kapolsek Jajaran Polres Karawang.***


Bhabin desa balonggandu Bripka Wagiran melaksanakan gotong royong perbaikan jalan bersama warga dsn kertamulya rt 04/02 ds balonggandu jatisari pada rabu 12 Oktober 2016.***

Kapolsek tempuran Akp H Indamancik SH mengikuti giat tasyakuran dan pemberian santunan kepada anak yatim di mushola nurul hikmah dsn baros rt 11/02 ds pancakarya tempuran bersama tomas toga dan toda Serta ketua dkm nurul hikmah rabu 12/10/2016 jam 14.00 wib.***

Antisipasi tawuran di Kecamatan Pangkalan , rabu 12 Oktober 2016 Polsek Pangkalan laksanakan Patroli serta berikan himbauan agar pelajar tidak melakukan tawuran dan segera pulang ke rumahnya.***

Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra S.I.K pimpin Mediasi yang dilakukan antara pihak PT.Indotech dengan 6 Aliansi LSM di Kawasan KIIC pada Rabu 12 Oktober 2016. Kegiatan yang juga dihadidiri Dandim 0604/Karawang membahas tentang pengurusan limah perusahaan tersebut.

Walaupun sebelumnya terjadi bentrok antara pihak Lsm dengan Polisi yang berjaga karena bertindak anarkis dengan melempar petugas dengan botol , kayu serta batu tetapi selanjutnya kegiatan tersebut berjalan aman dan kondusif.***

Polres Karawang Laksanakan pengamanan Mediasi 6 Aliansi LSM ke PT.Indotech KIIC pada Rabu 12 Oktober 2016. Dalam giat tersebut dipimpin langsung Kabagops Polres Karawang Kompol Didik Purwanto S.I.K dengan menerjunkan 2 Pleton Sat Sabhara , Polwan Negosiator dan Polsek Teluk Jambe Timur dengan massa 3000 orang.***

WARGA KODAM IM SAMBUT KEDATANGAN PANGDAM
Prajurit dan PNS Kodam Iskandar Muda, Rabu (12/10/16) menyambut kedatangan Pangdam IM yang baru Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman yang menggantikan Mayor Jenderal TNI Luczisman Rudy Polandi. Upacara tradisi penyambutan dilakukan di Makodam Iskandar Muda dengan diawali dengan hormat berjajar dan laporan dari petugas jaga Kesatriaan Makodam IM, selanjutnya Pangdam beserta istri nyonya Dewi Tatang Sulaiman, melewati gerbang pedang pora. Kemudian dilanjutkan dengan pengalungan bunga sebagai tanda ucapan selamat datang di Makodam Iskandar Muda.

Sebelum disambut secara militer, Pangdam IM juga disambut dengan adat Aceh dengan tarian Ranup Lampuan dengan rangkaian acara penyambutan, tepung tawar/peusijuek dan pemberian amplop kepada anak adat di Lanud SIM. Tradisi penyambutan di mulai dari Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, sekitar pukul 09.00 wib. Tampak hadir dalam penyambutan di bandara SIM tersebut Sekda Aceh Kapolda Aceh dan tokoh adat dan tokoh agama, Kasdam IM , Kakanhan Aceh, Kabinda Aceh, Irdam, Danrem 011 dan 012, Danrindam, Para S. Ahli, para Asisten, LO, Kabalak, Danlanud SIM dan Dandim 0101/BS.***

 Polri Klaim Sudah Tindak Anggota Terlibat Pungli SIM

Sindonews: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Mabes Polri dan Polda Metro Jaya baru saja menggelar Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) di Kemenhub terkait pungli untuk perizinan serta perpanjangan izin kapal.

Hal tersebut menimbulkan beberapa pihak pertanyakan sikap Polri yang lebih menyoroti praktik pungli di instansi lain dibandingkan di Polri.

Menanggapi hal tersebut, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan tegas mengatakan, telah memerintahkan Divisi Propam Polri hingga Polres untuk razia ke kantor-kantor Samsat di Indonesia.

"Jangan sampai kita dianggap tangani instansi lain tapi kami enggak ditindak, tolong ekspos bahwa sudah ada penindakan duluan Kepolisian oleh Polda Metro Jaya," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/10/2016).


Lanjut Tito, Polri sudah melakukan operasi empat tempat yang ditemukan adanya modus calo, di antaranya Bekasi, Tangerang, Depok dan Daan Mogot yang masih didalami Propam.

"Sudah empat yang kita tindak ada itu terkait SIM dan Samsat," lanjutnya.

Dari hasil operasi tersebut, Polri berhasil menemukan ada enam oknum Polisi yang merangkap sebagai calo di antaranya Bripka SH, AKP M dari Polresta Bekasi, Aiptu MD, Aiptu S dari ‎Polresta Depok, Bripda JS dari Polres Tangerang Selatan dan Bripda SY dari Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat.***

Bid Humas Polda Sulteng:
Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor : Kep /191/ IX / 2016 Tanggal 07 September 2016 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri, Palu 07/10/2016 bertempat di Gedung Torabelo Mapolda Sulteng, Kapolda Sulteng Brigjend Pol. Rudi Sufahriadi memimpin serah terima jabatan 4 Kapolres jajaran Polda Sulteng.
Dalam sambutannya Kapolda sulteng Brigjen Pol. Rudi Sufahriadi Mengharapkan semua anggota Polda Sulteng dan jajaran senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru, serta senantiasa membangun kerja sama yang harmonis sebagaimana kerja sama yang telah di tunjukkan selama ini kepada pejabat yang lama, untuk selanjutnya dapat di teruskan dan bahkan di tingkatkan kepada pejabat yang baru.

Serah terima tersebut di hadiri oleh Wakapolda Sulteng, seluruh Pejabat Utama Polda Sulteng, Ibu Luly Sufahriadi, Seluruh Pamen Jajaran Polda Sulteng serta  perwakilan anggota jajaran Polda Sulteng.
Kapolres yang telah di serah terimakan yaitu Kapolres Palu dari Akbp Basya Radyananda, Sik kepada Akbp Christ Rainhard Pusung, Sik, Kapolres Toli-toli dari Akbp Christ Rainhard Pusung, Sik kepada Akbp faizal Ramadhani, S.Sos., Sik.,MH, Kapolres Banggai dari Akbp Jamaluddin Farti, Sik.,M.Hum kepada Akbp Benni Baehaki Rustandi, Sik dan Kapolres Touna dari Akbp Benni Baehaki Rustandi, Sik kepada Akbp Bagus Setiyona, Sik.,MH.***
BINTANGNEWS.com:

”Salam Tribrata. Siap Komandan, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, hanya sebatas usul mengingat giat anda adalah Info penting bagi masyarakat luas. Kalau bisa mohon dinding akun anda dibuka, (tidak Privasi) dengan melalui topik berita ”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini” walaupun kami ambil hanya secara acak.

Insya Allah giat anda bisa dibaca masyarakat luas dan, dibaca oleh semua Humas Polres dan Humas Polda, karena kami telah berteman dengan semua akun Humas Polri di seluruh wilayah hukum Indonesia,” terimakasih atas kerjasamanya. (by. BINTANGNEWS.com).***
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Polri 

Related News

No comments:

Leave a Reply