Mantan PPK e-KTP Sugiharto Batal Diperiksa KPK

Jakarta, BINTANGNEWS.com – Beralasan sakit, KPK akhirnya batal memeriksa Sugiharto, tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan KTP berbasis elektronik di Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). 

Dengan menggunakan kursi roda, Sugiarto keluar di gedung KPK sekitar pukul 14.30 WIB dan langsung diburu awak media.

Kuasa hukum Sugiharto, Kuncoro, kepada media mengatakan bahwa kliennya yang masih menderita radang otak rencananya akan diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi untuk mantan Dirjen Dukcatpil Kemdagri, Irman yang juga telah berstatus tersangka dalam kasus serupa.  

“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irman," kata Kuncoro saat mendampingi Sugiharto di Gedung KPK. 

Sebelumnya, Irman diduga bersama-sama dengan Sugiharto telah melakukan tindakan melawan hukum dan menyalahgunakan kewenangan terkait proyek pengadaan e-KTP yang merugikan keuangan negara senilai Rp2 Triliun dari nilai proyek sebesar Rp6 Triliun.


Meski telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP sejak April 2014,  KPK belum menahan Sugiharto selaku mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan dan Irman mantan Ditjen Dukcatpil Kemdagri.

Keduanya disangka melanggar Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat 1 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp1 Miliar."(diek)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Related News

No comments:

Leave a Reply