Protes Penutupan Masjid, Muslim Italia Salat Jumat di Colosseum

BINTANGNEWS.com – Ratusan umat Muslim melaksanakan salat Jumat di samping Colosseum Roma untuk memprotes penutupan masjid darurat. Umat muslim meminta pemerintah kota untuk melindungi hak-hak agama mereka.

Umat muslim berlutut di atas sajadah dan terpal beberapa meter dari trotoar amphitheater kuno. Sejumlah spanduk bertuliskan "Perdamaian" dan "Buka masjid" terbentang di lokasi.  Menurut kelompok hak asasi yang menggorganisir demonstrasi, Asosiasi Dhuumcatu, polisi Italia telah menutup tiga masjid improvisasi di Roma dalam beberapa bulan terakhir.
Dhuumcatu Association mengatakan perlu ada aturan yang lebih jelas tentang pengaturan masjid. "Kami sakit hati atas kriminalisasi tempat ibadah kami. Tidak ada peraturan yang relevan, dan kita tidak dapat menemukan solusi secara independen dari pemerintah," katanya di halaman Facebook dikutip dari Reuters, Sabtu (22/10/2016).

Seorang juru bicara di balai kota Roma tidak memberikan komentar terkait aksi dan tuntutan warga muslim ini. 

Setidaknya 1,6 juta Muslim tinggal di Italia tetapi hanya ada segelintir masjid yang resmi terdaftar sebagai tersebut dengan pemerintah. Kebanyakan mereka beribadah di rumah-rumah dan pusat kebudayaan Islam sebuah perkembangan yang oleh beberapa politisi sayap kanan dikatakan membuat mereka sulit untuk memantau, meningkatkan risiko radikalisasi. Hal ini dipicu serangan militan di seluruh Eropa.

Menteri Dalam Negeri Italia, Angelino Alfano pada bulan Agustus mengatakan bahwa "mini masjid di garasi" seharusnya tidak diperbolehkan.(bin)
ikuti terus sumber informasi dunia di twitter @bintangnews.com

Sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply