Ratusan Nelayan Ciparage Karawang Rayakan Pesta Laut

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Ratusan Nelayan serta Warga Desa Ciparage Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, siang tadi (09/10/16), mengikuti puncak Ritual Ruwat Laut atau sebagian warga menyebutnya nadran, atau pesta Laut. Bukan hanya warga Ciparage, warga di luar kota dan mancanegara tampak antusias menyaksikan Ritual tersebut.

Sebelum menuju ke tengah laut, puluhan Perahu milik Nelayan ini, di arak dengan aneka hiasan yang di letakkan di Perahu-perahu mereka. Keseruan ratusan Nelayan serta warga di Desa Ciparage, Kecamatan Tempuran, karawang ini, semakin meriah dengan alunan musik yang di pasang di setiap Perahu. Para Nelayan di Pantai Utara Karawang, semua mengikuti Ritual Pesta Laut tahunan itu.

Sebuah Perahu keciil yang berisi berbagai macam Sesajen juga di persiapakan dalam Tradisi  ini, selian itu juga ada Kepala Kerbau yang di bungkus berbentuk Piramida. Kepala kerbau dan Perahu kecil tersebut nantinya akan di buang ke tengah lautan.
  
Menurut Paulo, Wisatawan asal Brazil, saat diwawancara BINTANGNEWS.com mengatakan,”
Kami suka melihat budaya Tradisional ini, ratusan warga sekitar yang datang begitu antusias menyaksikan acara tahunan ini, kami larut ikut menyaksikan pesta Tradisi Budaya Pesisir Pantai Utara Karawang,” ujar Paulo yang bahas aIndonesia nya masih terbata-bata. .

” Puluhan perahu Nelayan menuju ke tengah  laut utara Karawang untuk melakukan penurunan sebuah Kepala Kerbau dan Perahu Kecil  yang berisi Sesajen,  Ritual ini menjadi bagian penting dalam Rradisi Pesta Laut, sebagai wujud syukur Nelayan akan hasil tangkapan Ikanya, dan untuk mempersatukan para Nelayan yang ada di Pesisir Pantai Utara karawang,” budianto-ketua panitia.

Tradisi Pesta Laut di Desa Ciparage ini di laksanakan selama tujuh hari tujuh malam, dengan berbagi kegiatan, dengan Tradisi seperti ini para Nelayan berharap kedepanya hasil tangkapan Ikannya akan lebih melimpah lagi,” ujarnya ."(reff)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com



Related News

No comments:

Leave a Reply