School for Principal Perkuat Kapasitas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Pandeglang

BINTANGNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Pandeglang bekerjasama dengan Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa, Kamis 13 Oktober 2016. Dalam kerjasama tersebut diresmikan sebuah inovasi baru berupa pelatihan untuk kepala sekolah dengan nama program School for Principal. 

Program yang dikenal singkat SPC (School for Principal)  berkhidmat untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah melalui keterampilan managemen dan supervisi pembelajaran sehingga melahirkan pemimpin transformatif dengan karakter Pengajar, Pendidik dan Pemimpin (3P) melalui pendidikan yang berlangsung selama 3 bulan.  
Program yang diresmikan oleh staff Ahli bidang Pemerintahan Kabupaten Pandeglang, Drs. H. Salman Sunardi, M.Pd diharapkan dapat menjadi jalan bagi para pemimpin sekolah untuk membentuk pribadi yang memiliki sifat-sifat kepemimpinan. 

Kepala SGI Daerah, Ahmad Abdul Wasiudin menjelaskan, lahirnya program School for Principal berawal dari pola  perubahan dan perbaikan sekolah yang lebih efektif  dengan menginisiasi langsung kepala sekolahnya, tidak hanya guru. 

“Beranjak dari dasar tersebut, SPC menjadi program yang step ahead dengan terjun langsung ke dalam lingkup pemimpin sekolah yang ada di daerah dengan konsep pelatihan selama 3 bulan,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/10).

Program ini turut didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang. Hal ini disepakati dalam penandatangan MoU oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Amri, SH beserta saksi, Kabid Dikdas Drs. H Maman Abdurrahman, MM. Sedangkan dari Pihak Kemenag, yang disepakati langsung oleh Kepala Kantor, Drs. H. Idris Jamroni, M.Si  beserta saksi, Kasi Madrasah, Drs. H. Endang, M.Pd.I. 

Penyematan pin yang diwakili oleh Bapak Oyok (SDN Parigi 3 Kec. Saketi) dan Bapak Abdul Hafid (MI Darul Falah Malangsari Kec. Cikeusik) menjadi simbol telah diresmikan 28 Kepala Sekolah yang tersebar di 12 Kecamatan di Kab. Pandeglang menjadi peserta School for Principal.

Pada momentum pembukaan yang diselengarakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, seluruh peserta yang hadir mendapat Kuliah Perdana dengan materi Kepemimpinan Kepala Sekolah oleh Bapak Asep Sapa’at selaku Praktisi Pendidikan, Trainer, dan Co-Founder Character Building Indonesia sekaligus Penulis buku Stop Jadi Guru. 

Pembukaan Program School for Principal turut dihadiri oleh Pengawas, Ketua PGRI, Kepala UPT, Pembina Tingkat I dan Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Besar harapan dari semua pihak, kelak program SPC dapat memberikan kontribusi yang besar untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia."(reff)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Sumber: Sindonews


Related News

No comments:

Leave a Reply