Sejarah Hari Ini: AS Blokade Kuba, Misil Soviet Mengancam

BINTANGNEWS.com – Pada 22 Oktober 1962 Presiden John F Kennedy memberlakukan blokade laut  terhadap Kuba. Ini merupakan tanda dimulainya krisis misil.

Krisis misil terjadi karena Uni Soviet menempatkan senjata nuklir di Kuba. Amerika juga memperingatkan Soviet jika terdapat satu serangan nuklir dari Kuba maka itu dianggap sebagai ajakan berperang. Amerika juga berjanji akan membalas dendam jika hal itu terjadi.
Kennedy menyebut tindakan Soviet menempatkan senjata nuklir di Kuba sebagai tindakan yang gelap, ugal-ugalan, dan provokatif. Ia menilai tindakan Soviet benar-benar mengancam perdamaian dunia.

Seperti dilansir History.com, Kennedy menganggap, memasang nuklir di Kuba merupakan tindakan yang benar-benar mengarah pada perang. Oleh karena itu dia memerintahkan blokade laut terhadap semua barang-barang militer yang dikirim ke Kuba.

Saat terjadi krisis misil, warga Amerika banyak yang mulai membuat tempat perlindungan dari serangan bom. Mereka takut terhadap respon Soviet setelah mendengar pidato Kennedy.


Peter The Great Jadi Kaisar Seluruh Rusia

Pada 22 Oktober 1721 Peter Alekseyevich Romanov yang disebut Peter The Great menjadi kaisar seluruh Rusia. Peter merupakan kaisar yang berpikiran modern.

Ia melakukan revolusi budaya yang menggantikan sistem politik dan sosial tradisional dan pertengahan menjadi sistem lebih modern, ilmiah, dan kebarat-baratan berdasarkan pencerahan. Reformasi yang dilakukannya berdampak pada kemajuan berbagai institusi Pemerintah Rusia.

Reformasi yang dilakukan Peter dipengaruhi oleh para penasehatny dari Eropa barat. Ia menata ulang organisasi militer Rusia dengan cara yang lebih modern. Ia bermimpi Rusia memiliki kekuatan maritim yang luar biasa.

Peter juga melakukan modernisasi sosial dengan memperkenalkan pakaian-pakaian yang indah dari Prancis dan pakaian barat untuk dipakai di istananya.

Para pejabat negara dan anggota militer harus mencukur janggutnya agar berpenampilan modern. Bahkan yang lebih kontroversial, dia menerapkan pajak bagi pria yang berjanggut panjang.(bin)
ikuti terus sumber informasi dunia di twitter @bintangnews.com
Sumber: Rol


Related News

No comments:

Leave a Reply