Sekda Karawang Setuju Jembatan Akses PT Jui Shin Ditutup

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – PT Jui Shin Indonesia (JSI) dinilai Pemerintah Kabupaten Karawang, telah merugikan masyarakat Kecamatan Pangkalan, lantaran operasional PT JSI menimbulkan dampak kerusakan lingkungan dan bising suara. Oleh karena itu atas masukan dari LSM Kompak, Pemkab Karawang akan mengirim surat ke PT. JSI untuk tidak menggunakan akses jalan ke Kecamatan Pangkalan.
“Nanti kami akan terjunkan Sat Pol-PP dan Dishub Karawang, untuk mengkaji permasalahan tersebut,” ucap Bupati Karawang melalui Sekretaris Daerah Karawang, Teddy Rusfendi Sutisna, kepada BINTANGNEWS.com, Senin (17/10).

Menurut Teddy, Selain Pemkab Karawang, saat ini sedang menunggu proses izin eksploitasi lanjutan yang dilayangkan ke Pemprov Jawa Barat, Bupati Karawang juga sudah melayangkan surat permohonan ke Pemprov Jawa Barat agar mengkaji ulang izin eksploitasi PT JSI. Hal itu didasari dengan adanya masukan dari LSM Kompak terkait PT JSI menggunakan akses jalan Kecamatan Pangkalan.

“Kami juga telah menerima masukan dari LSM Kompak perihal permohonan penutupan akses jalan PT JSI. Itu menjadi salah satu masukan juga buat kami untuk menindaklanjuti persoalan PT JSI,” ujar Teddy.

Ketika disinggung dugaan belum dimilikinya  izin Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) PT JSI, Teddy mengaku akan menutup operasional penambangan PT JSI di Kecamatan Pangkalan, bila dalam kajian nanti terbukti PT JSI belum memiliki Andalalin. Teddy mengakui secara kasat mata operasional PT JSI di Kecamatan Pangkalan berpotensi membahayakan pengguna lalu lintas,” jelas Teddy.


Di tempat yang sama, Humas LSM Kompak, Fauzi Hamid, mengatakan, kedatangannya ke Pemkab Karawang untuk mengirim kembali surat permohonan penutupan akses jalan PT .JSI sudah ke dua kalinya. Pasalnya, dua bulan lalu pihaknya telah berkirim surat dengan perihal yang sama namun hingga saat ini masih belum ada tanggapan dari Bupati Karawang.

“Bila sampai kedua kalinya kami mengikirim surat belum ada respon juga, maka kami akan membawa ratusan warga untuk mendesak Bupati Karawang mengambil tindakan tegas ke PT JSI,” katanya. (Nina)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Related News

No comments:

Leave a Reply