USAID Hibah Buku, Latih Pemanfaatan 4.896 Buku

BINTANGNEWS.com –  Sebanyak 34 orang guru kelas awal, kepala sekolah (kepsek), dan pengawas dari 9 SD/MI yang tergabung pada Gugus 1 Setia Bakti, Aceh jaya, telah menyelesaikan tahapan pelatihan buku bacaan berjenjang selama tiga hari di SDN 11 Setia bakti, Kamis (29/9). Pada kegiatan tersebut, sekaligus dihibahkan sebanyak 4.896 eks buku bacaan berjenjang kepada sekolah.
Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Aceh Jaya Edwar SPd memberikan apresiasi terhadap program B3 USAID Prioritas yang telah menghibahkan buku dan sekaligus memberikan pelatihannya. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena, bukan hanya menghibahkan buku saja, tapi juga melatih guru untuk mengerti bagaimana cara pemanfaatannya," kata Edwar.

Dia juga berharap, buku yang telah dihibahkan tersebut dapat dipergunakan dengan baik oleh sekolah penerima sesuai dengan pelatihan, "Manfaatkan buku ini dengan baik. Apalagi, para guru kelas awal telah dilatih dan melakukan pelatihan secara langsung ke sekolah untuk mengetahui cara pengunaannya," kata Edwar.

Buku B3 dibagi 6 kategori buku dengan tingkatan atau jenjang kesulitan. Mulai dari yang sederhana untuk siswa yang baru belajar membaca, sampai yang tingkat kesulitannya semakin tinggi untuk anak yang sudah lancar membaca. 

Masing-masing jenjang ditandai warna sampul buku yang berbeda. Misalnya, pada jenjang yang paling rendah (buku berwarna merah) hanya ada satu kalimat yang terdiri dari beberapa kata di setiap halaman, dan ada pengulangan struktur kalimat untuk memudahkan anak mempelajari dan memahami isi buku.

"Dengan dilatihnya guru dan menerapkan metode membaca ini, diharapkan siswa kelas awal bukan hanya mampu mengenal huruf dan membaca, tetapi juga mampu memahami isi bacaan," kata Said Ridha, program asisten B3 USAID prioritas Aceh Jaya.(roy)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Sumber: Rol

Related News

No comments:

Leave a Reply