37 Perguruan Tinggi Adu Jago Karya Inovatif

BINTANGNEWS.com – Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah pelaksanaan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) IX/2016.

Sebanyak 119 tim yang berasal dari 37 Perguruan Tinggi se-Indonesia akan bertanding menciptakan karya dan produk inovatif di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada 10 kategori lomba.
10 kategori lomba bidang TIK yang dikompetisikan pada GEMASTIK IX/2016 adalah pemrograman, pengembangan aplikasi permainan, pengembangan perangkat lunak, data mining, keamanan jaringan dan sistem informasi, animasi.

Kemudian piranti cerdas dan embedded system, desain user experience (UX), pengembangan bisnis TIK, e-Government. Kegiatan GEMASTIK IX/2016 di Balairung UI merupakan pelaksanaan Babak Final untuk kesepuluh kategori tersebut.

Para peserta yang berpartisipasi merupakan para finalis yang telah melewati babak penyisihan yang dilakukan sejak bulan Juli 2016.

Sejumlah perguruan tinggi yang berhasil menjadi finalis diantaranya Universitas Bina Nusantara (5 tim), Institut Pertanian Bogor (7 tim), Universitas Gadjah Mada (12 tim), Institut Teknologi Bandung (13 tim), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (14 tim) dan Universitas Indonesia (19 tim).

Para pemenang GEMASTIK IX/2016 akan memperoleh total hadiah uang tunai untuk pengembangan produk inovatif sebesar 240 juta rupiah serta berkesempatan memperoleh WildCard Ticket ke Semi Final Microsoft Imagine Cup Indonesia (www.imaginecup.com) bagi para pemenang kategori lomba Pengembangan Aplikasi Permainan, Pengembangan Perangkat Lunak, Piranti Cerdas dan embedded system, Pengembangan Bisnis TIK dan e-Government.

“UI sangat mendukung kegiatan GEMASTIK ini karena sejalan dengan upaya UI di dalam meningkatkan penguasaan teknologi dan peningkatan hasil karya inovasi mahasiswa. Kegiatan GEMASTIK juga sejalan dengan upaya strategis pemerintah di dalam meningkatkan perkembangan teknologi sebagai prasyarat meningkatkan daya saing bangsa Indonesia," kata Rektor UI Muhammad Anis, Kamis (27/10/2016).

Anis meminta agar para peserta memanfaatkan peluang untuk mengembangkan potensi diri sebagai agen perubahan melalui pengembangan Iptek di masa kini dan masa yang akan datang. Dalam sembilan tahun terakhir, Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) secara berkesinambungan dilaksanakan.(roy)
ikuti terus sumber informasi dunia di twitter @bintangnews.com
Sumber: Sindonews


Related News

No comments:

Leave a Reply