50 Ribu Rakyat Korsel Bakal Ikut Demonstrasi Anti Presiden

BINTANGNEWS.com – Rakyat Korea Selatan (Korsel) untuk keempat kalinya di setiap akhir pekan menggelar aksi demonstrasi di pusat kota Seoul. Mereka menuntut Presiden Park Geun-hye untuk mundur setelah terlibat dalam skandal politik.

Pihak kepolisian memperkirakan sekitar 50 ribu pengunjuk rasa akan turun ke jalan pada hari ini, Sabtu (19/11/2016), di dekat Balai Kota dan boulevard di depan gerbang istana yang lama seperti dikutip dari Asian Corresponden.

Ini akan menjadi gelombang demonstrasi terbaru yang menyerukan penggulingan Park. Para kritikus menuduh Park telah merusak demokrasi di negara itu karena diduga secara rahasia memungkinkan orang kepercayaannya memanipulasi kekuatan dan mengumpulkan kekayaan secara ilegal.

Aksi demonstrarui massa telah dilakukan setiap akhir pekan sejak skandal politik muncul dan menjadi berita utama sejumlah media Korsel. Para demonstran mendesak Park Geun-hye untuk mengundurkan diri.

Park Geun-hye sebelumnya telah meminta maaf karena membiarkan temannya, Choi Soon-sil, mengedit beberapa rancangan pidato dan hal ini memicu kemarahan publik. Namun, Park belum mengomentari tuduhan yang paling memberatkan yaitu membiarkan sahabatnya memanipulasi keputusan pemerintah terkait kebijakan yang penting.

Ia pun mengatakan siap diselidiki terhadap tindakannya, termasuk oleh penyelidikan oleh jaksa khusus. Berdasarkan hukum Korea Selatan, presiden memiliki kekebalan dari penuntutan kecuali dalam kasus pengkhianatan, tapi ia tetap bisa diselidiki.(boy) 
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com
Sumber: Sindonews


Related News

No comments:

Leave a Reply