Bahaya Bayangi Timnas Indonesia Usai Ditekuk Vietnam

BINTANGNEWS.com – Tim nasional Indonesia gagal memetik kemenangan saat dijamu Vietnam pada uji coba di Stadion Internasional My Dinh, Hanoi, Selasa (8/11/2016). Sempat dua kali memimpin, namun Andik Vermansyah dkk tak mampu mempertahankan keunggulan dan menyerah 2-3.

Boaz Solossa membuka gol Indonesia pada menit ke-31, memanfaatkan bola muntah. Namun, Vietnam membalas melalui sundulan kapten tim Le Chong Vinh di menit ke-45. Kedudukan 1-1 bertahan hingga jeda.
Indonesia menekan di awal babak kedua. Puncaknya, skuat Alfred Riedl mendapat hadiah penalti setelah pemain belakang Vietnam menyentuh bola di kotak terlarang. Penyerang klub Jepang Consadole Sapporo Irfan Bachdim yang menjadi algojo sukses mengonversi menjadi gol pada menit ke-51.

Indonesia tak mengurangi tekanan kendati unggul. Irfan kembali mendapat peluang pada menit ke-60, namun sepakan kerasnya melambung di atas mistar gawang Vietnam yang dikawal Tran Nguyen Manh. Begitu pun Andik Vermansyah yang coba melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Pada menit ke-64, Pelatih Alfred Riedl menarik Irfan Bachdim dan memasukkan Lerby Eliandry. Situasi ini dimanfaatkan Vietnam untuk balik menekan Indonesia. Puncaknya, Nguyen Cong Phuong menyamakan kedudukan setelah mendapat assist Pham Thanh Luong di depan gawang Kurnia Meiga pada menit ke-70.

Setelah kebobolan Riedl coba memasukkan Zulham Zamrun dengan menarik Andik, dan memasukkan penyerang PSM Makassar Ferdinand Sinaga menggantikan Boaz Solossa, namun upaya itu tidak membuahkan gol. Alih-alih menambah gol, Indonesia justru kebobolan lewat sepakan Nguyen Van Toan pada menit ke-83.

Ini kekalahan pertama Indonesia dalam empat uji coba. Indonesia menang sekali, dua kali imbang, dan kalah sekali. Ini menjadi sinyal bahaya untuk Indonesia yang akan tampil di Piala AFF 2016 yang digelar di Myanmar dan Filipina, 19 November-17 Desember. 

Hasil 4 Laga uji Coba timnas Indonesia untuk Piala AFF
1. 06-09-2016 Indonesia vs Malaysia 3-0
2. 09-10-2016 Indonesia vs Vietnam  2-2 
3. 04-11-2016 Myanmar vs Indonesia 0-0
4. 08-11-2016 Vietenam vs Indonesia 2-3 

Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Singapura, dan Filipina. Laga pembuka Indonesia melawan Thailand pada 19 November nanti.  Seluruh pertandingan Grup A digelar di Manila. Indonesia bertolak menuju Manila pada 17 November 2016.

Susunan pemain: 
Vietnam (4-3-3): Tran Nguyen Manh;  Dinh Tien Thanh, Troung Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Vu Van Than; Nguyen Trong Hoang, Luong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung; Nguyen Van Quyet, Nguyen Van Toan, Le chong Vinh
Pelatih: Nguyen Huu Thang

Indonesia (4-4-2): Kurnia Meiga (GK); Benny Wahyudi, M Abduh, Fachruddin, Yanto Basna; Rizki Pora, Stefano L, Andik Vermansyah (Zulham Zamrun 70), Evan Dimas; Boaz Solossa (Ferdinand Sinaga 81), Irfan Bachdim (Lerby Eliandry 64)
Pelatih: Alfred Riedl 
.(win)
ikuti terus sumber informasi dunia di twitter @bintangnews.com
Sumber: Sindonews


Related News

No comments:

Leave a Reply