Kades Pasirtanjung Diduga Salahgunakan Dana BUMDES

Ilustrasi Foto
KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Kepala Desa Pasirtanjung Kecamatan Lemahabang, Saepudin, mendatangi Mapolres Karawang Senin (28/11), guna memberikan keterangan terkait pelaporan masyarakat setempat mengenai adanya dugaan penyalahgunaan dana Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) Pasirtanjung.

Edi Jaenudin, pelapor yang juga merupakan warga setempat mengatakan,” Kadesnya diduga telah melakukan beberapa pelanggaran terkait pengelolaan BUMDES. Diantaranya pembangunan bangunan BUMDES yang menyalahi aturan yang seharusnya dibangun seluas 4 x 6 M namun dibangun hanya 2x 3 M.

"Harusnya sesuai anjuran saat Bimtek di BPMPD Provinsi yaitu 4x 6 M dan berada diatas lahan desa, namun ini dibangun dan didirikan di tanah sanak saudaranya yang lebih menimbulkan kecurigaan adanya ketidakberesan," ujarnya, Senin (28/11) saat di temui di Mapolres Karawang.

"Banyak lagi kesalahannya, salah satunya dalam buku APBdes disana tertulis pembangunan bangunan PAUD dengan rincian biaya sebanyak Rp. 60 juta, tapi ditumpang tindih dengan bantuan dari salah satu anggota dewan, sehingga sisanya atau bahkan dana yang sebayak Ro.60 juta itu kemana,"jelasnya.

Edi juga menduga ada konspirasi antara pihak Kecamatan hingga BPMPD yang mencairkan Anggaran Dana Desa ( ADD ) tahap ke 3 untuk Desa Pasirtanjung, padahal ADD tahap kedua masih bermasalah.

"Yang mereka terima hanya laporan administrasi tapi tidak di cek ke lapangan, mana bisa tahu kalau ini bermasalah," lanjutnya lagi.

Di sisi lain, Kades Pasirtanjung Saepudin saat mendatangi Mapolres Karawang didampingi biro hukum Bagian Hukum Setda Karawang, Jajang Sugirwa mengklaim jika dirinya tidak bersalah dan sudah menjalankan BUMDES sesuai juklak-juklis regulasi yang ada.

"Saya tidak merasa bersalah. Saya sudah menjalankannya dengan baik sesuai aturan," jelasnya.(nina)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Related News

No comments:

Leave a Reply