Karawang Bentuk Tim Sapu Bersih Pungli

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Karawang bersama jajaran Legislatif, Eksekutif serta sejumlah instansi terkait akan membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) atau yang disebut Tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Selasa pagi ( 29/11).  
Pembentukan Tim Satgas Saber Pungli ini berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor. 87 tahun 2016 .

Bupati Karawang dr. Cellica Nurachadianna  meminta kepada seluruh elemen pemerintahan di daerah agar bersatu bahu membahu ikut membantu memberantas pungli yang ada di Karawang.

“Dengan memberantas pungli, maka pelayanan untuk masyarakat dapat berjalan lebih baik dan cepat,” ungkap Cellica.

"Saya juga mengimbau kepada petugas layanan masyarakat, agar bekerja proporsional dan profesional," ujarnya, saat ditemui di sela-sela kegiatan Apel HUT KORPRI Ke 45 di gedung kantor Plaza Pemda Karawang.

Bupati juga memaparkan, sasaran yang akan menjadi objek tugas Satgas Saber Pungli yakni, semua pelayanan masyarakat di setiap instansi, baik itu pemerintah daerah, Polri maupun TNI, dan Satgas ini mempunyai beberapa fungsi, seperti fungsi intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi.

Lebih lanjut Cellica menjelaskan, Tim Satgas Saber Pungli ini nantinya memiliki kewenangan membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli, melakukan pengumpulan data, dan informasi dari Kementerian/Lembaga, dan pihak lain yang terkait dengan teknologi informasi.

Dan pihak yang diketahui atau terjaring operasi tertangkap tangan (OTT) melakukan pungli akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Ketika disinggung kapan Tim Satgas  Saber Pungli ini akan diresmikan dan dilantik, Cellica mengungkapkan bahwa sebenarnya pembentukan tim sudah di bentuk sejak dua minggu yang lalu namun rencananya akan di lantik setelah segala permasalahan yang saat ini sedang di tangani pemerintah daerah selesai, seperti pembahasan Upah Minimum Sektoral dan masalah lainnya. (nina)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply