Kepala BNPB: Karawang Termasuk Darurat Banjir

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Williem Rampangelie, meninjau lokasi banjir di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu ( 17/11).
Peninjauan dilakukan menggunakan Hellikopter bersama Deputi II  Tanggap Darurat Tri Budiarto, Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamaksyari, Sekertaris Daerah Karawang Teddy Rusfendi, dan Kepala BPBD Karawang Asip Suhendar dengan.

Tujuan meninjau secara langsung dan menindak lanjuti  hasil rapat bersama BBWS dan SPDA beberapa waktu yang lalu, bagaimana mengatasi dampak bencana banjir di Kabupaten Karawang. 

"Setelah kami meninjau langsung, salah satu dampak banjir disebabkan Sungai sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, karena selain itu menurut Williem, ketika dicermati  bahwa sungai yang sudah cukup lama kering banyak ditanami oleh masyarakat sekitar, dan banyak pabrik-pabrik pembuat bata disepanjang sungai, pengambilan tanahnya di ambil dari sungai, dan tata ruang yang tidak tertib.

Williem menjelaskan , bahwa solusi jangka panjang,  untuk mengurangi dampak bencana banjir adalah, dengan menormalisasikan tempat-tempat yang kritis seperti tikungan sungai di sepanjang sungai Citarum sampai tahun 2019.

" kami juga sepakat untuk melaksanakan Rakor ( Rapat Koordinasu ) tingkat propinsi yang akan dihadiri oleh 7 Kabupaten yang berkaitan dengan masalah banjir bersama dengan BUPR ," lanjutnya.

Wiliem Rampangelie menambahkan, Pemerintah Daerah Karawang juga perlu melakukan langkah langkah antisipatif , karena Bulan Desember - Januari 2017 intensitas curah hujan akan sangat tinggi. Early Warning harus diperkuat,meningkatkan kesiap siagaan, operasionalisasi posko dan dukungan logistik.

" Dan status Kabupaten Karawang saat ini bersama beberapa Kabupaten lainnya sudah siatus darurat banjir," ujarnya.

Pemerintah Pusat melalui BNPB Nasional juga memberikan anggaran bantuan sebesar Rp. 250 Juta, untuk bantuan tersebut, diantaranya untuk bantuan logistik, bantuan pendukung operasionalisasi posko dan, mendukung upaya penanggulangan Banjir,” pungkasnya.(nina)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Related News

No comments:

Leave a Reply