”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini”

OPERASI ZEBRA 2016

BINTANGNEWS.com – Ribuan Kendaraan Terjaring dalam Operasi Zebra

REPUBLIKA.CO.ID: Polisi menggelar Operasi Zebra Jaya di wilayah hukum Polda Metro Jaya sejak 16 hingga 29 November 2016 mendatang. Ribuan kendaraan tersebut terjaring dalam operasi rutin tahunan polisi itu.
Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan melakukan penindakan dengan tilang dan teguran pada hari pertama pelaksanaan operasi rutin tahunan itu. "Jumlah tilang ada 4.869 dan jumlah teguran ada 699 di hari pertama," ujar Budiyanto kepada Republika.co.id, Kamis (17/11).

Budiyanto mengatakan, 4.894 kendaraan yang melakukan pelanggaran tersebut terdiri atas 86 bus, 320 mikrolet, 87 metro mini, 176 taksi, 172 kendaraan barang, 552 mobil pribadi, serta 3.473 sepeda motor. Dalam melakukan penindakan terhadap berbagai jenis kendaraan itu, Budiyanto mengatakan petugas menyita sebanyak 1.731 SIM, 3.123 STNK, serta mengamankan 15 kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi dengan surat-surat.

"Jenis yang dilanggar yaitu tidak mematuhi rambu-rambu, ada yang tidak pakai sabuk, helm, menggunakan HP saat berkendara, tidak menyalakan lampu utama siang, kelebihan muatan, dan melawan arus," kata Budiyanto.

Sementara, Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana mengatakan, dalam melaksanakan operasi tersebut pihaknya juga melibatkan personel dari Satpol PP, petugas Diahub, dan TNI. Menurut dia, penindakan tersebut dilakukan secara preventif dan edukatif.


"Walaupun demikian Polri dan instansi yang lain Dishub, Satpol PP, Pemda dan TNI akan menindak secara prepentif dan edukatif agar kesadaran masyarakat berlalu lintas tetap jadi prioritas dan bisa tumbuh kembang," ucap Suntana.

Menurut Suntana, dalam menggelar operasi ini ada sekitar 2.700 personel dikerahkan untuk turun ke jalan di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya. "Berkaitan dengan itu pada kesempatan ini kami mohon kepada seluruh masyarat agar benar-benar mematuhi tertib lalu lintas, karena tertib lalu lintas bercermin tertib masyarakat secara umum," kata Suntana.***

Devisi Humas Polri:
POLRESTA BANDAR LAMPUNG MELAKSNAKA APEL BESAR KEBHINNEKAAN CINTA DAMAI DENGAN LINTAS SEKTORAL
Komunitas motor binaan Departemen Pemuda dan Olahraga PP Senkom Mitra Polri, Journey Riders Indonesia (JRI) Chapter Lampung, menerima undangan dari Polresta Kota Bandar Lampung untuk mengikuti giat Apel Besar Kebersamaan Dalam Kebhinekaan Cinta Damai 15 November 2016 bertempat di Lapangan Mapolresta Kota Bandar Lampung.

Acara dimulai pukul 15:30W WIB sampai dengan selesai dengan menerjunkan kurang lebih sekitar 20 personil anggota Senkom MP Kota Bandar Lampung dan penggiat JRI Chapter Lampung.

Acara apel besar kebhinekaan cinta damai ini dihadiri oleh Gubernur Propinsi Lampung Bapak Muhammad Ridho Ficardho S.Pi., M.Si, , Kapolda Lampung, Kapolresta Bandar Lampung, Kasatbinas Polresta Bandar Lampung serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan para pemuda se Kota Bandar Lampung.(Rpm/Rheza/Humas Polri).***

Detik.com: Kena OTT Pungli, AKBP Brotoseno Masih Diperiksa Soal Uang Rp 3 M

Perwira menengah AKBP berinisial B yang ditangkap Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dipastikan adalah AKBP Brotoseno. Brotoseno tertangkap tangan saat diduga memeras pihak berperkara.

"Benar," kata Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (17/11/2016).

Tim Saber mengamankan uang sebesar Rp 3 miliar sebagai barang bukti dalam perkara ini. Polisi masih memeriksa Brotoseno secara intensif soal asal-usul dan maksud dari penerimaan uang tersebut.

"Masih proses pemeriksaan," ujar Dwi.

Dwi membenarkan perkara terkait OTT iniadalah dugaan korupsi cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat. Pemeriksaan intensif dilakukan untuk memastikan sangkaan pidana orang yang pernah dekat dengan Angelina Sondakh ini.

"Pemerasan kan masuk dalam Pungli ya," ujar Dwi.

OPERASI ZEBRA, SAT LANTAS POLRES PALU PASANG SPANDUK HIMBAUAN TERTIB LALU LINTAS

PALU-Guna mengurangi tingkat kecelakaan dan pelanggaran di Wilayah hukum Polres Palu, Unit Dikyasa Sat lantas Polres Palu melaksanakan kegiatan pemasangan spanduk himbauan tertib berlalu-lintas di daerah rawan kecelakaan di kota Palu. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Palu Aiptu Sukarna bersama anggotanya pada hari Kamis tanggal 17 November 2016. Pemasangan spanduk dilakukan pada daerah rawan kecelakaan di wilayah kota Palu di Jl. S. Parman.
Kasat Lantas Polres Palu AKP. Hangga Utama Darmawan, S.I.K. mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan preventif , agar pengendara tidak melakukan pelanggaran lalu lintas sehingga mampu meminimalisir kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Palu.
Diharapkan dengan pemasangan spanduk ini dapat menggugah masyarakat pengguna jalan untuk lebih mentaati peraturan dan tata tertib dalam berlalu lintas sehingga dapat tercipta keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya khususnya di wilayah hukum Polres Palu.***
GELAR PASUKAN OPS ZEBRA MATOA 2016 DI HALAMAN KANTOR PELAYANAN POLRES MIMIKA
TIMIKA. Bertempat di Halaman Kantor Pelayanan Polres Mimika telah berlangsung Upacara Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Zebra Matoa 2016. Rabu, 16 / 11 / 2016.
* Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP VICTOR D.MACKBON, SH,MH,SIK,MSi sebagai Irup dan sekaligus membacakan amanat Kakorlantas Polri.

Dalam Amanat mengatakan bahwa Polri harus secara cepat meningkatkan pelayanan masyarakat berbasis Informasi Teknologi menuju Polisi Lalu Lintas yang Promoter ( Profesional, Modern dan Terpercaya ).

Kakorlantas Polri memberikan penekanan dan pedoman dalam pelaksanaan tugas yaitu Selalu bertaqwa kepada Tuhan YME, Peningkatan disiplin dalam melaksanakan tugas yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, Bertindak secara tegas namun humanis terhadap pelanggaran hukum Kamseltibcar lantas dan terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.

Menegaskan bahwa Ops Zebra ini merupakan Ops Cipta kondisi menjelang Natal dan Tahun baru dilaksanakan secara benar, humanis dan profesional, Saya minta dilaksanakan dengan Senyum, Sapa dan Salam, dalam razia di back up oleh Reskrim, Intel, Provos dan Sabhara. Waspadai orang mabuk yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, supaya kalau ada kerawanan dapat di cegah. 

Tekankan kepada Kasat Lantas agar atur anggotanya pada saat Natal dan Tahun baru, keramaian di tempat ibadah, lokasi kurik, tanah miring dan tahun baru di jalan raya diperhatikan, perkuatan di perhitungkan, anggota di lapangan harus ada Perwiranya yang mengendalikan agar tidak penyimpangan sehingga tidak terjadi kerugian institusi dan citra Polri. 

* Kegiatan operasi ini ditandai dengan penyematan Pita Operasi Zebra Matoa 2016 dalam hal ini di wakil dari POM TNI, Personel Lalulintas dan Personel Dishub, dan di ikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari :

1 Peleton Perwira, 1 Regu POM TNI, 1 Peleton Sat Lantas, 1 Peleton Staf, 1 Peleton Dalmas, 1 Peleton Gabungan Staf Resintel dan 1 Peleton Dishub Kab.Mimika
* "Operasi Zebra ini merupakan Operasi Terpusat yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia guna menekan angka kecelakaan yang terjadi di Wilayah Hukum Polres Mimika pada khususnya".

" Diharapkan supaya TNI / POLRI, Dinas Perhubungan dan Dinas terkait lainnya untuk menjalin sinergitas yang baik dalam menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Mimika " . { Humas Resmik / HO }

Hari ke 2 Pelaksanaan Ops Zebra Lodaya 2016, Polres Karawang
Sat Lantas – Di hari ke dua pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2016 diwilayah hukum Polres Karawang menghabiskan puluhan lembar tilang pada Kamis (17/11/2016).

Kepolisian Resor Karawang dibawah pimpinan AKBP Andi Herindra S.I.K sedang melaksanakan Operasi Kepolisian Zebra lodaya 2016. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kasat Lantas AKP Rendy S.P S.I.K.

“dibeberapa titik yang diketahui terdapat banyak pelanggar lalu lintas seperti melawan arus, tidak menggunakan helm standard , tidak menggunakan helm 2 jika berboncengan , serta acesoris yang dapat membahayakan pengguna jalan yang lain, itu yang akan menjadi lokasi dari operasi ini” Ujar Kapolres melalui AKP Rendy.


kegiatan penegakan hukum Melawan arus, tidak pakai helm dsb, dengan giat patroli Hunting, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Mari bersama sama kita jadikan Karawang kota tertib berlalu lintas.***

SUNGGUH MENGHEBOHKAN!!! KEJADIAN MENCEKAM, 3 POLANTAS LARI KOCAR-KACIR USAI MENILANG, TERNYATA INI PENYEBABNYA...

BERITA HARIAN: Ada momen tidak umum mewarnai Razia kendaraan yang ditangani oleh Satlantas Polres Empatlawang di pertigaan Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera jembatan Musi I.

Lantaran dalam operasi razia itu, 3 anggota Satlantas yang bertugas mendadak berlarian tidak tentu arah, sebentar setelah menilang salah seseorang pengemudi. 

Ketiga Polisi itu lari kocar-kacir lantaran salah seseorang oknum pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Tebingtinggi mengacungkan senjata api jenis pistol ke arah Satlantas yang saat itu tengah bertugas di tepi jalan negara.


Kian lebih satu puluh warga yang saat itu melintas di Jalinteng pernah berhenti serta penasaran saksikan peristiwa oknum petugas Rutan mengacungkan senjata akan mengejar tiga orang polisi yang berlarian.

Berdasar pada informasi yang ditulis dari Sripoku. com, apabila lebih dahulu peristiwa penodongan senjata pada anggota polisi bertugas di Satlantas ini, berawal dari pelaku Zakaria (48) warga Perumnas Tebingtinggi, yang bekerja sebagai petugas komandan regu jaga di Rutan Tebingtinggi mengurusi tilang anaknya di pos pinggir jembatan Musi I Tebingtinggi.

Lantaran anak pelaku lebih dahulu ditilang tidak menggunakan helm serta SIM diduga jumlah denda tilang yang cukup besar pelaku tidak terima serta melemparkan surat tilang ini dihadapan petugas.

Ke-2 pihak ini juga sempat adu mulut pada pelaku serta tiga orang polisi lalulintas Polres Empatlawang Bripda Putra, Bripka Hendri, Bripka Oto Jefri waktu itu bertugas.



Diduga merasa tidak terima serta jengkel, pelaku Zakaria kembali pada rutan Tebingtinggi yg tidak jauh dari tempat peristiwa mengambil pistol di isi lima butir amunisi karet keluaran PT Pindad.

Dia juga kembali mendatangi tempat sambil mengacungkan pistol kearah tiga orang polisi itu.

Kontan saja tiga anggota polantas ini berlarian ke beberapa arah bahkan sempat juga melompati pagar beton di pinggir Jalinteng untuk menyelamatkan diri. Walaupun sebenarnya senjata itu belum pernah berbunyi, baru cuma ditodongkan saja.

Saat ini persoalan penodongan senjata ke petugas satlantas itu masih dalam penyelidikan.***

Tribrata news Biak - Kepolisian Resor Biak Numfor melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka OPERASI ZEBRA MATOA 2016 dilapangan apel Taruna Bhayangkara Polres Biak Numfor. 16/11/2016

Apel Gelar Pasukan dihadiri oleh para pejabat utama dan seluruh perwira Polres Biak Numfor, dengan peserta gelar pasukan 1 ton gabungan POM TNI dan P3D, 1 ton Brimob, 1 ton Dalmas, 1 ton Lantas, 1 ton gab Reskrim/resnarkoba/intelkam, 1 ton Satpol PP, 1 ton gab kesehatan/jasaraharja.

Kepala Kepolisian Resor Biak Numfor selaku Kasatgasres Ops Zebra membacakan sambutan Kepala Korps Lalulintas Polri IRJEN
POL Drs. AGUNG BUDI MARYOTO. M.Si menyampaikan bahwa "Sebagaimana diamanatkan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 yaitu

1. Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas.
2. meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas
3. Membangun budaya tertib berlalu lintas
4. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Keempat point tersebut merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri melainkan sinegritas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang diterima dijalankan oleh semua pihak" jelasnya.

"Untuk mewujudkan PROMOTER dan Kebijakan Kapolri, guna mewujudkan citra positif Polri khususnya Polantas yang didukung oleh satuan fungsi lainnya dengan melibatkan para pemangku kepentingan, dilaksanakan operasi ZEBRA 2016 sebagai cipta kondisi operasi lilin tahun 2016 dan tahun baru 2017" jelas Kakorlantas

Operasi Zebra akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 16 s/d 29 November 2016.

BINTANGNEWS.com:

”Salam Tribrata. Siap Komandan, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, hanya sebatas usul mengingat giat anda adalah Info penting bagi masyarakat luas. Kalau bisa mohon dinding akun anda dibuka, (tidak Privasi) dengan melalui topik berita ”Laporan Khusus Info Polisi Hari Ini” walaupun kami ambil hanya secara acak.

Insya Allah giat anda bisa dibaca masyarakat luas dan, dibaca oleh semua Humas Polres dan Humas Polda, karena kami telah berteman dengan semua akun Humas Polri di seluruh wilayah hukum Indonesia,” terimakasih atas kerjasamanya. (by. BINTANGNEWS.com).***
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Sumber: Polri 

Related News

No comments:

Leave a Reply