Nelayan Pasir Putih Karawang Rayakan Pesta Laut

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Masyarakat Nelayan di Pantai Pasir Putih menggelar upacara Nadran, yang akrab disebut  Pesta laut, di Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berjalan cukup meriah, sekitar 200 Perahu Nelayan berkeliling Pantai mengarak Kepala Kerbau pada Minggu (06/11/ 2016).
Upacara Labu Sajin menjadi puncak acara pesta, Kepala kerbau beserta Sesajin lain yang diletakkan dalam sebuah Perahu mini yang diusung ke tengah laut. Sebelumnya, semua sesajin dan kepala Kerbau itu diarak sekitar 200-an Perahu Nelayan berkeliling Pantai. Acara ini tak luput dari tontonan ratusan warga sekitar. 
Ritual labu sajin ini dilakukan sebagai bentuk mensyukuri Rizki yang diperolehnya, dan harapkan kedepan dapat meningkatkan dimasa mendatang. Usai upacara, prosesi diakhiri dengan memandikan Perahu yang dilakukan pemiliknya masing-masing. 

Pesta laut ini juga tampak hadir Ketua Partai Golkar Karawang, Sri Rahayu Agustina  Suroto, dan juga sebagai Wakil Ketua I DPRD Karawang, turut berpartisipasi dalam kegiatan pesta laut itu yang bagian dari warisan budaya nenek moyang kita, khususnya kebudayaan tradisional warga pesisir laut utara Kabupaten Karawang.

Sri Rahayu Agustina,” berharap agar Pemerintah Daerah mampu menggali dan mengembangkan potensi budaya laut ini sebagai salah satu destinasi Pariwisata yang mampu menarik Wisatawan luar daerah, karena tentu saja akan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar bagi Pemda.

.Pantauan
BINTANGNEWS.com, acara pesta laut terlihat sangat meriah. berbagai spanduk dan umbul-umbul menghiasi setiap Perahu dan Kapal Nelayan menambah maraknya acara ini. Dengan rangkaian acara lain yang telah di persiapkan oleh panita, seperti kegiatan gelaran budaya yang akan diisi oleh Ketua Umum DPD I Jawa Barat Dedi Mulyadi, untuk menghibur kalangan warga sekitar.

Dalam kegiatan pesta laut ini, hadir juga Seluruh Anggota Fraksi Partai Golkar Karawang, Kepala Dinas Pariwisata Okih Hermawan, dan jajaran Muspika Cilamaya.(nina)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Related News

No comments:

Leave a Reply