Piala AFF: Ketemu Filipina Tim Garuda Merah Putih Harus Menang

BINTANGNEWS.com – Indonesia bakal menjalani partai penentu melawan Filipina. Skuat Merah Putih wajib meraih angka penuh jika ingin kesempatan menjuarai Piala AFF 2016 tetap terbuka. 
Duel kontra tuan rumah di Philippine Sports Stadium, Selasa (22/11/2016) tidak ubahnya final bagi Indonesia. Armada Alfred Riedl harus memenangi laga yang disiarkan langsung RCTI dan iNews TV mulai pukul 19.00 WIB, itu agar terus bertahan.

Kekalahan 2-4 dari Thailand pada laga pembuka penyisihan Grup A membuat Indonesia terdesak. Sebab, jika kembali meraih hasil serupa, Pasukan Garuda otomastis bakal tersingkir dari persaingan. 

Tapi, bila mampu menundukan pasukan Thomas Dooley, Boaz Salossa dkk punya kans mematahkan kutukan. Mereka masih bisa melenggang ke semifinal karena akan jumpa Singapura pada laga penutup, Jumat (25/11/2016).

Indonesia punya catatan buruk saat mengikuti penyisihan grup di Piala AFF. Usai jadi runner up pada 2010, Indonesia selalu gagal melaju ke babak gugur. Di edisi 2012 dan 2014, Indonesia hanya menempati posisi ketiga. Alhasil, misi meraih gelar perdana terus tertunda.

Kabar baiknya, Indonesia punya catatan bagus atas Filipina.  Terhitung sejak 30 Mei 1958, Indonesia pernah melakoni 21 pertemuan tanpa kekalahan baik resmi maupun uji coba. Saat jumpa di Piala AFF 1998, 2000, 2002 dan 2010, Indonesia selalu bisa menjinakan Filipina. 

Masalahnya, tidak ada garansi Indonesia kali ini akan mampu menjungkalkan Filipina. Soalnya, ketika bentrok di Piala AFF 2014, yang juga laga kedua penyisihan Grup A, Indonesia malah dipermalukan 0-4.     

Kendala Indonesia lainnya adalah tidak adanya modal positif. Selama dua bulan terakhir, Indonesia belum pernah meraih hasil positif. Sebelum dihabisi Negeri Gajah Putih, Indonesia ditahan Vietnam (2-2) dan Myanmar (0-0) serta dihabisi Vietnam (2-3) saat persahabatan.  

“Filipina sangat sulit dihadapi. Mereka menang (pada pertemuan terbaru) karena bermain lebih cerdas dibandingkan kami saat itu. Tapi, jangan bandingkan dengan tim Indonesia saat ini. Kami sudah melakukan persiapan,” ucap Riedl saat jumpa media.

Riedl mengaku pertemuan nanti bakal sangat sulit. Tapi, nakhoda asal Austria itu yakin Indonesia akan menang. Riedl mengklaim sudah menyiapkan strategi khusus dan tahu bagaimana cara menjinakan Filipina. 

“Kami mencoba mengantisipasi pertandingan nanti dengan memperbanyak antisipasi bola silang. Karena yang kami lihat, Filipina banyak mengandalkan umpan-umpan silang dan kami coba mengantisipasi serangan seperti itu,” tambah Riedl.

Riedl boleh saja optimistis. Tapi, Filipina pasti tidak akan mengalah begitu saja. Tuan rumah juga butuh kemenangan setelah ditahan Singapura 0-0. Sebab, jika sukses meraih angka penuh, Misagh Bahadoran dkk tidak perlu melakoni partai hidup mati dengan Thailand.   
   
“Kami harus bermain lebih baik karena kans mencetak sejarah dengan melaju ke final Piala AFF 2016  masih terbuka. Kami jadi tuan rumah dan sudah menjalani persiapan yang bagus,” ucap kapten Filipina, Phillip Younghusband.(boy) 
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Sumber: Sindonews

Related News

No comments:

Leave a Reply