Petani Karawang Atasi Hama Minta Pusat Batu Obat


KARAWANG, BINTANGNEWS.com –  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berharap agar pemerintah pusat menyalurkan bantuan obat pestisida menyusul tingginya serangan organisme pengganggu tanaman atau hama di daerah pertanian Karawang. 

”Petani Karawang saat ini sedang dilanda serangan hama yang sudah nyaris menyebar di 30 kecamatan di Kabupaten Karawang. 
Para petani kini sedang dihinggapi perasaan was-was akan gagalnya panen, akibat serangan hama tanaman cukup besar," ujar Kepala Dinas Pertanian, Kadarisman, saat dihubungi di Karawang, Minggu (23/01).
Selama ini Dinas Pertanian Karawang hanya masih menggunakan stok obat pestisida 2016. Jika stok tersebut tidak cukup untuk mengatasi serangan hama, maka pihaknya akan mengajukan bantuan obat pestisida ke pemerintah pusat.

Meski demikian, yang dikutif Antaranews.com, Kadarisman berharap agar pemerintah pusat menyalurkan bantuan obat pestisida untuk mengantisipasi kekurangan stok obat pestisida yang ada saat ini.

Ia mengatakan, sesuai dengan laporan yang diterima, saat ini seluas 900 hektare sawah di berbagai daerah sekitar Karawang terkena serangan hama wereng coklat.

Selain itu, ada pula areal persawahan seluas sekitar 30 hektare yang terkena serangan hama ulat gerek batang. Seluas sekitar 67 hektare sawah lainnya yang terkena serangan hama penggerek batang serta 67 hektare areal sawah terkena serangan hama tikus.

Terkait tingginya serangan hama itu, Kadarisman mengimbau agar para petani meningkatkan pengontrolan lahan pertaniannya masing-masing. Itu perlu dilakukan untuk menekan perkembangan serangan hama, yang akan mengacam gagal panen.(bin)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply