Awas Bahaya Mengonsumsi Sabu-sabu pada Tubuh

BINTANGNEWS.com – Putra raja dangdut Rhoma Irama, Ridho Rhoma, diamankan polisi karena mengonsumsi sabu-sabu. Sebelumnya, sejumlah nama selebriti juga kedapatan menggunakan sabu, seperti Jupiter Fortissimo, Eza Gionino, Roy Marten hingga komedian Polo.

National Drug Research Institute, Australia, dr Nicole Lee menjelaskan, saat sabu pertama kali masuk ke tubuh akan memberikan dampak yang besar. Namun efek samping yang ditimbulkan tergantung pada bentuk sabu, cara sabu masuk ke tubuh hingga dosis yang dikonsumsi. 
"Kebanyakan orang akan menghirupnya lewat rokok, menyuntikkan diri, atau mengonsumsi pil. Kalau dihirup lewat rokok dalam beberapa menit akan langsung muncul. Sementara itu kalau anda menelannya maka efek bisa muncul sekitar 20 menit kemudian," papar Nicole.

Dilansir dari ABC Australia, rasa nikmat, sensasi tenang merupakan salah satu efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan sabu. Beberapa pengguna mengaku, sabu memberikan mereka banyak energi dan menjernihkan pikiran.

Hal ini disebabkan sabu mendorong hormon dopamin menjadi 1.000 kali lipat batas wajar. Menurut dr Nicole ini merupakan jumlah yang cukup tinggi jika dibandingkan tingkat dopamin yang dipicu oleh narkoba atau kegiatan lainnya. 

Biasanya rasa nikmat akan berlangsung selama 4—12 jam sampai muncul efek sebaliknya. Efek itu antara lain berkurangnya konsentrasi secara drastis, sakit kepala, depresi hingga kelelahan. Reaksi balik ini akan berlangsung sampai 24 jam.

Saat kondisi tersebut muncul, umumnya pengguna akan merasa kecanduan dan kembali menggunakan sabu dalam dosis yang lebih tinggi agar bisa merasa normal. Lama kelamaan dosis sabu akan terus dinaikkan oleh pengguna sampai overdosis. Jika sudah overdosis, hal ini bisa menyebabkan stroke hingga gagal jantung." demikian Sindonews.(win)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Related News

No comments:

Leave a Reply