Bukti Islam Indonesia dan Modernisasi Bisa Berjalan Berdampingan

BINTANGNEWS.com – Australia menyebut Indonesia adalah bukti nyata Islam, demokrasi, dan modernisasi dapat berjalan secara beriringan. Hal itu disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull.

"Indonesia adalah bukti Islam, demokrasi dan modernisasi dapat selaras. Presiden Jokowi menunjukkan kepemimpinan yang baik di dalam negeri," kata Turnbull saat menyampaikan pernyataan bersama penutup KTT IORA di Jakarta pada Selasa (7/3).
Terkait dengan hasil pertemuan IORA, Turnbull mengaku mendukung penuh semua dokumen yang dihasilkan di KTT pertama organisasi yang berbasis di Mauritius tersebut. IORA menghasilan tiga dokumen, yakni Jakarta Concord, Action Plan, dan Deklarasi Anti-Terorisme.

"Saya menyambut Jakarta Concord yang mampu meneguhkan komitmen bersama. Mencerminkan nilai dan tujuan bersama yang mencakup komitmen kita terhadap kawasan yang sejalan dengan ketentuan internasional. Samudera Hindia yang damai dan stabil dan berdasarkan akses hukum serta UNCLOS," ucap Turnbull.

"Adanya Deklarasi Anti-Terorisme adalah yang penting. Kami menguktuk terorisme dan menyadari ancaman ekstremisme terhadap kawasan dan dunia," sambungnya.

Turnbull menambahkan, IORA harus turut mengedepankan kerjasama dalam bidang pemberdayaan wanita. Selain itu, blue economy, yakni memastikan pengelolaan sumber daya bahari yang bekelanjutan, juga harus terus menjadi fokus negara-negara IORA,” demikian Sindonews.(win)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply