HAM: Jangan Biarkan ISIS Lolos dari Kejahatan Genosida

BINTANGNEWS.com – Pengacara HAM, Amal Clooney, mendesak dunia untuk tidak membiarkan kelompok ekstrimis ISIS lolos dari kejahatan genosia. Hal itu diungkapkan Clooney saat berbicara di markas PBB mewakili korban perkosaan dan penculikan ISIS.

"Keadilan adalah apa yang diinginkan oleh korban," kata Clooney, pada pertemuan yang berjudul Perjuangan melawan Impunitas bagi Kekejaman: Membawa Da'esh untuk Pengadilan, menggunakan akronim Arab untuk menyebut ISIS seperti dikutip dari Sky News, Jumat (10/3/2017).
Istri dari aktor George Clooney itu mengatakan tidak cukup dengan membunuh ISIS di medan perang, pelaku harus diadili di pengadilan. Ia juga mengaku terkejut dengan respon dunia internasional yang pasif terhadap kampanye penyelidikan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh ISIS.

Clooney pun mendesak Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, untuk mengirim surat kepada Dewan Keamanan PBB sehingga dapat melakukan penyelidikan kejahatan di negaranya. 

"Tapi keadilan akan selamanya di luar jangkauan jika kita membiarkan bukti menghilang, jika kuburan massal tidak dilindungi, jika bukti medis hilang, jika saksi tidak bisa lagi ditelusuri," katanya.

"Membunuh ISIS di medan perang tidak cukup. Kita harus membunuh ide di balik ISIS dengan mengekspos kekejaman dan membawa penjahat individu untuk keadilan. Tidak satu pun militan ISIS dibawa ke pengadilan atas kejahatan internasional di negara manapun di dunia ini. Mengapa tidak ada yang melakukannya?" imbuhnya.

Clooney mewakili Nadia Murad, seorang wanita Yazidi yang ditangkap oleh ISIS di Irak pada tahun 2014, yang juga hadir pada pertemuan tersebut.

Murad adalah korban dari keberingasan militan ISIS. Ia sempat berbicara tentang pemerkosaan, dijual sebagai budan seks, dan berdoa untuk kematiannya sendiri saat ditahan di hadapan PBB. Ia kini telah diangkat menjadi duta untuk PBB.

"Mengapa ini begitu lama? Saya tidak mengerti mengapa Anda membiarkan ISIS pergi dengan kejahatan semacam itu, atau apa lagi yang perlu Anda dengar sebelum Anda akan bertindak," kata Murad dengan emosi.

"Jadi hari ini, saya meminta pemerintah Irak dan PBB untuk melakukan penyelidikan dan memberikan keadilan yang layak untuk semua korban ISIS," imbuhnya,” demikian Sindonews.(win)
 

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply