Iran Uji Sistem Pertahanan Udara Canggih Buatan Rusia

BINTANGNEWS.com – Iran berhasil menguji tembak sistem pertahanan udara canggih buatan Rusia. Uji coba itu dilakukan saat latihan militer baru-baru ini.
Laporan kantor berita resmi Iran, IRNA, menyatakan uji coba dari sistem pertahanan udara itu S-300 dilakukan dalam latihan militer dengan nama Damvand, nama gunung tertinggi Iran. Dikatakan bahwa uji coba itu menargetkan berbagai benda terbang termasuk rudal. 
Dengan jarak tembak yang mencapai 200 kilometer (125 mil), sistem pertahanan udara S-300 mampu secara simultan melakukan pelacakan dan mengenai beberapa sasaran seperti dikutip dari AP, Minggu (5/3/2017).

Rusia menyerahkan sistem pertahan udara S-300 kepada Iran pada 2016 lalu, hampir 10 tahun setelah kontrak awal telah ditandatangani. Iran menandatangani kontrak USD800 juta untuk membeli sistem rudal S-300 pada tahun 2007, namun Rusia ditangguhkan pengiriman mereka tiga tahun kemudian karena keberatan yang kuat dari Amerika Serikat dan Israel.

Pada tahun 2016 kesepakatan penting nuklir antara Iran dan kekuatan dunia ditandatangani. Hal ini berimbas kepada praktek di mana Iran membatasi aktivitas nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi,” demikian Sindonews.(win)
 

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply