Korban Warga Sipil Tewas Selama 2014, 220 Orang Akibat Serangan Koalisi AS

BINTANGNEWS.com – Setidaknya 21 warga sipil tewas dalam sembilan serangan terpisah koalisi anti ISIS pimpinan Amerika Serikat (AS) di Irak dan Suriah antara November dan Januari. Demikian pernyataan yang dikeluarkan militer AS.

Jumlah itu menggenapi total warga sipil yang tewas akibat serangan koalisi sejak awal operasi terhadap kelompok militan itu pada 2014 menjadi 220.
"Meskipun Koalisi membutuhkan upaya luar biasa untuk menyerang sasaran militer dengan cara yang meminimalkan risiko korban sipil, dalam beberapa insiden korban yang tidak dapat dihindari," kata pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Minggu (5/3/2017).

Perkiraan militer AS ini jauh lebih rendah dari yang disediakan oleh kelompok pemantau. Setidaknya 2.463 warga sipil telah tewas oleh serangan udara koalisi AS, menurut kelompok pemantau Airwars.

Dalam sebuah insiden pada 13 Januari, di dekat kota Irak Mosul, kata militer delapan warga sipil tewas dalam serangan dengan target militan ISIS di sebuah rumah. "Selama pasca serangan sipil analisis video diidentifikasi dekat rumah yang tidak jelas sebelum penyerangan," kata pernyataan itu

Menurut data militer AS, pada 28 Februari, koalisi telah melakukan 18.666 serangan di Irak dan Suriah sejak awal operasi. Biaya rata-rata harian operasi adalah mencapai USD 12,7 juta,” demikian dilansir Sindonews.(bin)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com




Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply