Perhatikan Gangguan Kesehatan Anda Akibat Duduk Lama

BINTANGNEWS.com – Bagi Anda yang aktivitasnya banyak dilakukan dengan duduk, perlu waspada ! Karena berbagai masalah kesehatan yang berupa efek jangka pendek dan jangka panjang akan Anda temui. Namun, dengan olahraga serta pola makan yang sehat, hal tersebut dapat dicegah.

Dalam melakukan aktivitas keseharian, duduk atau berdiri tidak dapat dihindari. Namun tahukah Anda, aktivitas duduk terlalu lama dapat mengancam kesehatan Anda baik yang dirasakan secara langsung maupun jangka panjang.
Menurut Dr Aisyah SpKFR ada beberapa penyakit yang akan timbul akibat duduk terlalu lama. Yaitu duduk terus menerus selama satu jam atau lebih, dan duduk selama 30 menit secara terus - menerus bagi yang memiliki gangguan otot.

NYERI OTOT

Nyeri otot merupakan efek paling awal yang dirasakan saat duduk terlalu lama. Efek ini bersifat jangka pendek. "Nyeri otot ini terjadi karena adanya pemendekkan otot yang disebabkan karena kurangnya pergerakan tubuh sehingga menimbulkan nyeri otot di bagian punggung dan pinggul." terang Aisyah

OBESITAS

Selain menimbulkan efek jangka pendek, duduk terlalu lama juga akan memberikan efek jangka panjang seperti obesitas. "Ketika Anda duduk, energi yang Anda butuhkan hanya sedikit dibandingkan dengan ketika beraktivitas gerak lainnya. Sedangkan asupan makanan yang Anda konsumsi memiliki jumlah yang sama sehingga akan berefek pada penumpukan lemak," imbuhnya.

Sementara untuk menghasilkan perubahan kalori yang sempurna dibutuhkan keseimbangan antara jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang dikeluarkan. Saat Anda duduk jumlah kalori yang dikeluarkan lebih sedikit daripada yang masuk. Sehingga secara otomatis hal ini dapat menyebabkan obesitas.

JANTUNG & PARU - PARU

Kebanyakan duduk juga berdampak pada proses kerja pada jantung dan paru - paru, karena kebiasaan tersebut membuat kerja dua organ ini mengikutinya. Saat gerak otot melamban, maka kerja organ tubuhpun melamban. "Karena kurang bergerak inilah menyebabkan proses aliran darah kurang baik dan tidak lancar termasuk juga pada jantung. Sehingga terjadi gangguan pada jantung." ungkap Dr Aisyah.

"Paru - paru akan mengembang dan beraktivitas apabila oksigen yang dihirup berjumlah besar sedangkan pada orang yang duduk terlalu lama, oksigen yang dihirup sedikit sehingga berpengaruh pada proses pernapasan." jelasnya.

OSTEOPOROSIS

Saat Anda duduk, terjadi sedikit pergerakan otot dalam tubuh terutama pada kaki. Padahal perlu diperhatikan bahwa terdapat tulang - tulang panjang yang ada dalam tubuh. "Tulang - tulang panjang ini akan tumbuh apabila adanya tarikkan dari otot - otot. Jadi kalau ototnya tidak bergerak maka tulang panjang ini tidak tumbuh dan cenderung akan lebih mudah rapuh," jelas Dr Aisyah.

Hal itu dijelaskan Aisyah karena tidak adanya rangsangan kimiawi dan motorik yang menyebabkan metabolisme tulang berjalan dengan baik.

CEPAT TUA

Efek yang terakhir adalah menimbulkan efek cepat tua. Yang dimaksud cepat tua ini bkan dari segia wajah yang terlihat tua, namun organ - organ tubuh yang sifatnya sudah banyak terjadi gangguan sehingga dapat dikatakan organ - organ bersifat lebih tua dibandingkan dengan umur Anda. "Orang yang banyak duduk kondisi aliran darah tidak baik, ototnya pun tidak bergerak dengan baik, tulangnya lebih cepat merapuh. 3 hal inilah yang dimaksud dengan cepat tua." imbuhnya.

SOLUSI PENCEGAHAN


Bagi Anda yang memang tidak dapat terhindar dari rutinitas ini, jangan khawatir ! Dr Aisyah memberikan beberapa solusi untuk mencegah efek dari duduk terlalu lama.

Pertama, lakukan stretching setelah Anda duduk selam satu jam. Stretching ini dapat Anda lakukan selama 5 menit dengan pergerakan terutama pada kaki dan pinggul. "Untuk Anda yang sudah memiliki masalah pada nyeri otot. Anda dapat menambahkan waktu stretching," imbuhnya.

Kedua, Pilih model kursi yang bagus. Yaitu kursi yang membuat posisi pinggul dan paha kaki sejajar saat Anda duduk. Selain itu, hindari kursi yang pendek karena posisi pinggul lebih rendah dibandingkan kaki.

Ketiga, makanan seimbang. Makanan yang dikatakan seimbang adalah yang mengandung karbohidrat dan lemak sehat yang cukup (omega 3 dan 6). Sehingga berdampak pada pencegahan obesitas.

Nah, itulah beberapa gangguan kesehatan yang wajib diketahui yang disebabkan karena kebanyakan duduk. Yuk, dibantu sharenya ya sobat :) Terima Kasih,” demikian Viva.co.id.(win)
 
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com

 

Related News

Tidak ada komentar:

Leave a Reply