Rusia Akan Kirim Jet Tempur Su-35 ke Indonesia

BINTANGNEWS.com – Rusia akan mengirimkan pesawat tempur Su-35 multiperan ke Indonesia. Ini akan menjadi yang pertama dalam serangkaian rencana penawaran alat utama sistem persenjataan negeri Beruang Putih itu dengan Jakarta.

Direktur Kerja Sama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec, Viktor Kladov mengatakan, pengiriman salah satu jet tempur teranyar Rusia ini sudah sesuai dengan kontrak kerja sama pertahanan.
“Setelah kesepakatan Su-35 selesai, kami berencana untuk terlibat dalam proyek-proyek angkatan laut dengan pihak Indonesia,” ujar Kladov, yang juga memimpin delegasi gabungan Rostec dan eksportir senjata Rosoboronexport, kepada TASS di ajang Maritime & Aerospace Exhibition Langkawi International (LIMA) di Malaysia, Rabu, 22 Maret 2017.

Ia mengatakan, Indonesia juga menunjukkan minat untuk membeli pesawat amfibi multiguna milik Rusia, Be-200, untuk mengatasi kebakaran hutan. Kontrak tersebut termasuk dalam pembelian helikopter.

"Indonesia tertarik untuk membeli dua atau tiga pesawat jenis ini," ujarnya. Su-35 dikembangkan oleh produsen pesawat Russia’s Sukhoi Company antara 2003 hingga 2008.

Pesawat ini pertama kali diperkenalkan kepada publik di ajang Paris Air Show 2013 sebagai jet tempur generasi 4++, yang merupakan heavily-upgraded dari Su-27. Indonesia sendiri diperkirakan akan membeli satu skadron Su-35.

TNI-AU telah mengoperasikan sejumlah pesawat Rusia, termasuk 11 unit Su-30 dan lima unit Su-27. Su-35 akan menggantikan jet tempur buatan Amerika F5 E / F Tiger II, yang telah digunakan oleh TNI-AU sejak 1980 dan telah dipensiunkan beberapa tahun lalu,” demikian Viva.co.id.(jon)
Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter @bintangnews.com


Related News

No comments:

Leave a Reply